desain web seo friendly

Info Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Antara Makanan, Nutrisi dan Otak

Diposting oleh On 19.27.00


Antara Makanan, Nutrisi dan Otak

Antara Makanan, Nutrisi dan Otak - Makanan yang kita makan sehari-hari adalah salah satu sumber energi untuk tubuh, selain sebagai alat untuk memberikan tenaga dan asupan gizi pada tubuh, ternyata makanan juga mempengaruhi kesehatan otak Anda loh?
Seperti yang dilansir dari berbagai sumber dan dari pakar gizi, pada jenis makanan tertentu yang Kita makan sehari-hari ternyata mempengaruhi kesehatan otak Kita. Apa saja sih ? Simak ulasannya berikut :

1. Alpukat

Buah yang satu ini merupakan sumber terbaik untuk mendapatkan asupan lemak tak jenuh yang tentunya sangat sehat untuk otak Anda. Jenis lemak inilah yang nantiny akan terkandung dalam aliran darah di otak Anda. Selain kandungan lemak tak jenuh yang terdapat pada otak, kandungan nutrisi lain seperti vitamin E, vitamin B, asam folat, asam lemak omega 3 juga mempengaruhi kesehatan otak Kita. Untuk itulah, ada baiknya jika Anda mengonsumsi alpukat ini beberapa buah dalam sehari.

Tips :  Konsumsilah alpukat bersamaan dengan telur dan roti panggang.

2. Salmon

Selain alpukat yang dapat berpengaruh pada kesehatan otak, ikan salmon ternyata tidak hanya memiliki rasa yang lezat saja loh. Kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan salmon juga memberikan pengaruh pada kesehatan otak. Selain itu, dengan Anda mengonsumsi ikan salmon, Anda juga secara tidak langsung akan meningkatkan memori otak Anda. Untuk itu, perbanyaklah mengonsumsi ikan salmon sebagai makanan sehari-hari Anda.

Tips : Konsumsilah salmon dengan nasi merah dan terong goreng.

3. Oats

Untuk memberikan manfaat baik pada otak, oats adalah jenis makanan yang baik. Kandungan oats meal seperti vitamin E,vitamin B dan kandungan kadar magnesiumnya dapat meningkatkan kinerja otak secara maksimal. Mengonsumsi oats pada pagi hari sangat baik untuk kesehatan otak, apalagi oats ini juga sangat baik untuk anak-anak.

Tips: konsumsilah oats dengan buah dan yogurt.

4. Ikan Kembung

Tidak hanya ikan salmon yang bisa mempengaruhi kesehatan otak, ternyata ikan kembung juga merupakan jenis ikan yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan kembung sangat baik untuk kesehatan syaraf otak. Bahkan kandungan omega 3 ini juga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan otak.

Tips : Konsumsilah ikan kembung dengan beras merah dan sayuran kesukaan Anda.

5. Bayam

Kandungan nutrisi pada Bayam juga memberikan manfaat baik bagi otak, seperti kandungan zat kalium yang sangat tinggi dapat memperlancar aliran darah yang menuju ke otak. Mengonsumsi bayam sangat baik untuk kesehatan nih, tapi ingat ketika Anda memasak bayam sebaiknya jangan terlalu lama, karena nantinya justru zat baik yang terdapat dalam bayam akan berubah menjadi racun untuk tubuh. Selain bisa memperlancar aliran darah yang menuju otak, kandungan antioksidan pada bayam juga dapat memperlambat penuaan otak dan sistem  saraf.

Tips : Cara terbaik untuk mengonsumi bayam adalah dengan mengolahnya menjadi smoothie.

6. Gandum Utuh


Gandum utuh selain bisa digunakan untuk pengganti nutrisi nasi, kandungan lain seperti B6 juga dapat berperan penting pada otak. Kandungan B6 inilah, adalah memecah senyawa tertentu yang berkhasiat mencegah penururunan kognitif otak.

Tips : Konsumsilah gandum utuh bersamaan dengan susu.

7. Kacang Almond


Kacang almond adalah jenis kacang-kacangan yang paling banyak memberikan manfaat untuk otak, seperti kandungan omega 3 yang terdapat dalam kacang almond inilah yang berfungsi untuk menyehatkan otak. Kacang almond ini juga sangat baik untuk anak-anak.

Tips : Konsumsi kacang almond bersamaan dengan air, Anda bisa menghilangkan kulit luar kacang almond untuk menghindari alergi.

Nah sudah tau kan ? Sekarang, Anda bisa konsumsi makanan diatas untuk membuat otak Anda menjadi lebih sehat. Selamat mencoba !! 😉
Semoga sehat selalu 😀😀😀😂😂😂

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »