Mahasiswa KKN UMP Desa Rowokele Dakwah Dengan Virtual

Mahasiswa KKN UMP Desa Rowokele Dakwah Dengan Virtual
Mahasiswa KKN UMP Desa Rowokele Lakukan Kultum Dengan Virtual 


Kebumen -Kegiatan kultum secara virtual bergilir merupakan kegiatan program kerja kelompok yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa KKN UMP, termasuk Mahasiswa KKN-T AKB 004 desa Rowokele Kabupaten Kebumen. Kegiatan kultum virtual ini dilaksanakan menggunakan media virtual room google meeting yang dipandu langsung oleh DPL ibu Astika Nurul Hidayah, S.H., M.H.(Selasa, 24/08/2021).

Kegiatan kultum bergilir ini diikuti oleh 3 kelompok KKN yakni kelompok 004 desa Rowokele, kelompok 005 desa Jati Luhur, dan kelompok 006 desa Suko Mulyo, setiap pagi setelah melaksanakan sholat shubuh. Para mahasiswa akan melaksanakan kegiatan kultum dengan durasi 15 menit, cara penyampaian kultum ini dilakukan secara bergilir oleh masing-masing mahasiswa dari setiap kelompok.

Kultum yang diberikan biasanya adalah kultum mengenai kisah-kisah para sahabat Rasulullah, yang belum diketahui luas oleh teman teman mahasiswa, sehingga dapat menambah ilmu pengetahuan, wawasan, dan pengetahuan lebih mengenai para sahabat Rasulullah, juga terdapat hikmah-hikmah suri tauladan yang dapat diambil dari kisah-kisah yang di suguhkan oleh para mahasiswa.

Ketua dari Mahasiswa KKN-T AKB 004 Desa Rowokele, Fikri Rahmananda menyampaikan kultum tentang Abdurrahman Bin Auf yang menceritakan bagaimana seorang sahabat Rasulullah yang kayaraya, dermawan, dan baik hati, merasa sangat takut karena menjadi sahabat Rasulullah yang urutannya paling terakhir memasuki surga karena hisab hartanya yang terlalu banyak.

Dari kultum ini para Mahasiswa mendapatkan pembelajaran mengenai rasa rendah hati, bagaimana cara berderma, dan juga bagaimana caranya untuk tetap ikhlas dalam bersedekah dan hanya mengharapkan keridhaan Allah SWT dengan mencontoh sifat sahabat Rasullullah Abdurrahman Bin Auf, ungkap Fikri Rahmananda.(Red/hms)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama