desain web seo friendly

Info Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja Di Bulan Puasa

Diposting oleh On 01.07.00

 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja Di Bulan Puasa
Infosaja.net - Menjalankan ibadah puasa yang dilakukan dengan niat tentulah akan semakin terasa ringan, karena dengan niat yang kuat puasa pun akan menjadi tidak terasa. Namun berbagai halangan serta gangguan pasti datang menanti yaa.. hmmmm.. Salah satu yang paling jadi masalah ketika puasa adalah rasa ngantuk yang tentunya bisa datang setiap saat baik saat waktu kerja atau sedang duduk santai.. Lah kalo lagi duduk santai sih tidur ngga papa yah, tapi kalo lagi kerja ???

Banyak cara yang bisa dilakukan loh untuk menghilangkan rasa ngantuk saat bekerja di bulan puasa.. gimana yahhh ? Infosaja.net akan berbagi informasinya untuk Anda.

1.  Manfaatkan Perjalanan Pagi

Setelah sahur, godaan untuk tidur sangatlah besar.. mungkin dengan memanfaatkan perjalanan pagi akan menjadi menghilangkan ngantuk. Misalnya, jika perjalanan dari rumah Anda ke kantor menempuh jarak yang lumayan jauh Anda bisa memanfaatkannya untuk berangkat lebih awal ke kantor atau bisa memanfaatkan waktu habis subuh untuk tidur sampai menjelang berangkat kantor.

2. Gunakan Waktu Makan Siang Sebaik Mungkin

Ada baiknya jika Anda benar-benar memanfaatkan waktu makan siang untuk istirahat, bisa dilakukan dengan tidur untuk membalas waktu tidur yang terpotong ketika sahur. Mungkin bisa mengurangi rasa ngantuk yang Anda rasakan di siang hari.

3.  Menghindari Lembur

Untuk menghindari adanya rasa ngantuk yang berlebihan ketika bekerja, usahakanlah untuk tidak menambah jam kerja. Apalagi khususnya yang suka menumpuk pekerjaan, ada baiknya di bulan puasa ini Anda pulang lebih awal untuk melaksanakan buka puasa, sholat bersama bersama keluarga sehingga Anda pun punya lebih banyak waktu untuk istirahat.

4. Menerapkan Prinsip Bekerja Adalah Ibadah

Mungkin hal ini sudah pasti diajarkan oleh kedua orang tua, apapun yang dilakukan di bulan puasa yang bersifat baik nantinya akan diganjar dengan pahala. Untuk itu, ada baiknya jika Anda niatkan bekerja Anda untuk ibadah. Dengan memegang prinsip demikian tentunya Anda akan lebih giat bekerja dan lebih bisa menahan rasa kantuk yang datang ketika Anda sedang bekerja.

5. Penuhi kebutuhan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh

Meskipun pola makan di bulan puasa hanya dua kali, namun ada baiknya jika Anda tetap memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti zat besi. Zat besi bisa didapatkan dari berbagai makanan yang dikonsumsi saat buka atau sahur, antara lain : sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi, kangkung, dan juga daun katuk.

6. Menjaga Keseimbangan Gizi

Selain zat besi, seperti vitamin juga sangat penting. Pastikan untuk Anda mengonsumsi buah dan sayur yang kaya dengan vitamin C untuk memacu efektivitas penyerapan zat besi oleh tubuh. Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi buah seperti jeruk, mangga, buah kiwi, jambu biji, dan lain sebagainya. Dengan terpenuhinya gizi pada tubuh tentunya energy tidak mudah habis dan tidak mudah ngantuk.

7. Perbanyak Minum Air Putih

Ketika tidak puasa minum air putih diwajibkan untuk 8 gelas sehari, nah ketika Anda puasa pun Anda bisa mempraktekkannya dengan mengonsumsi sedikitnya 8 gelas sehari untuk menghindari dehidrasi. Ketika dehidrasi tubuh akan merasakan lemas dan akan mengakibatkan ngantuk.

8. Konsumsi Karbohidrat Kompleks Saat Sahur

Mengonsumsi karbohidrat kompleks memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan seperti proses pemecahannya yang lebih lama sehingga dapat membatu metabolisme energi tubuh. Untuk mendapatkan karbohidrat kompleks Anda bisa mendapatkannya untuk dengan mengonsumsi oatmeal, ubi, roti gandum dan lain-lain. Dengan begitu tubuh akan menjadi lebih lama menyimpan energy dan tidak mudah ngantuk.

9. Lakukan meditasi

Melakukan meditasi bukan berarti anda harus berdiam diri di gua, tetapi anda bisa melakukannya dengan teknik pernapasan. Ketika anda merasakan ngantuk saat bekerja ada baiknya jangan anda paksakan untuk bekerja ya, karena yang ada justru akan membuat pekerjaan anda menjadi berantakan. Cara yang bisa dilakukan adalah membuat diri Anda rileks. Ini akan membantu melancarkan sirkulasi udara dan oksigen ke otak dan seluruh tubuh. Anda bisa melakukannya sambil mendengarkan musik yang memotivasi dan membuat Anda lebih antusias.

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah diri ngantuk saat kerja di bulan puasa. Intinya, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk tidak bekerja yaa.. dan tetap semangat menjalankan ibadah puasa. Karena banyak manfaat puasa yang bisa didapatkan ketika puasa loh.. hehehe.. semangattttt :D

Dikutip dari berbagai sumber.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »