Seru Pelatihan Reporter Cilik Media Indonesia

Seru Pelatihan Reporter Cilik Media Indonesia


Surakarta– Seru pelatihan repoter cilik “Pelatihan Jurnalistik” hasil kerjasama Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan PT Citra Media Nusa Purnama (Media Indonesia), hal tersebut diungkapkan Pariza Qabilla Baiza Rahman Siswa SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta. Kegiatan berjalan selama dua hari, Rabu-Kamis (10-11/8/2022).

Ditemui usai pelatihan, Qia -sapaan akrabnya- bersyukur mendapat kesempatan calon menjadi reporter cilik. Ia mengaku menjadi tahu dan bisa bersilaturahmi SD/MI, SMP/MTs sebanyak 79 peserta serta mengetahui keahlian masing-masing. 

Dapat banyak pengetahuan tentang jurnalistik seperti prinsip penulisan jurnalistik, Teknik wawancara, berhadapan dengan narasumber, visual story telling dengan smartphone di hari pertama. Untuk hari kedua akan menerima materi pengantar jurnalisme TV, berhadapan dengan kamera dan rencana liputan,” ujarnya sambil tersenyum, Rabu (10/8/2022).

Qia mengaku sedikit grogi saat melakukan Latihan hari pertama karena di ruang guru sekolah sehat. Ia mengatakan, banyak berlatih menulis dan berdoa membuatnya lebih tenang saat melakukan kegiatan via Zoom Meeting.

Seru Pelatihan Reporter Cilik Media Indonesia


Ya grogi, tapi karena banyak yang menemani di kantor guru, jadi lumayan tenang dan bersemangat dengan pendamping guru ekstra jurnalistik cilik Jatmiko serta didukung penuh kepala sekolah Sri Sayekti dan Wali kelas ibu Faradila, ungkapnya.

Menurutnya, pengalaman pertama melakukan pelatihan repoter cilik secara online sangat berharga dan tak terlupakan. Ia berharap ilmu yang didapat bisa bermanfaat untuk masa depan, mewarnai radio solo belajar dan majalah Tunas Melati yang telah meraih Hak Kekayaan Intelektual dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. 

Sebelum terjun mengikuti pelatihan, Qia diberi bekal oleh sekolah di Radio Solo Belajar dengan meliput dalang cilik Gibran Maheswara yang pernah pentas di Jateng Bermunajat, Pra Muktamar Muhammadiyah ke-48 dan Pembukaan Olympicad Nasional VI tahun 2019, di lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang.

Jateng bermunajat, menghadirkan tokoh bangsa Prof Dr H Muhadjir Effendy MAP, Prof Dr KH Haedar Nashir MSi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo SH MIP, Prof Dr Baedhowi MSi, Drs KH Tafsir MAg, Rektor Universitas Muhammadiyah Semarang Prof Dr KH Masrukhi MPd. 

Seru pelatihan ini, tugas pertama menulis mengenai pengalaman Kembali belajar di sekolah, bagaimana suka dukanya, kemudian mereportase komentar teman baru. Nah kemarin saya punya narasumber keren, yaitu mas Gibran dalang cilik pernah tampil di hadapan pak Gubernur dan Ketua Umum Muhammadiyah,” pungkasnya.(Red/kml/ Jatmiko)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama