Luasnya Ampunan Allah SWT

 

Luasnya Ampunan Allah SWT
Ustad Wakhirin,S.Sy



 Luasnya Ampunan Allah SWT


 *أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ قَالَ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ : " قَالَ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى : يَا ابْنَ آدَمَ، إِنَّكَ مَا دَعَوْتَنِي وَرَجَوْتَنِي غَفَرْتُ لَكَ عَلَى مَا كَانَ فِيكَ، وَلَا أُبَالِي. يَا ابْنَ آدَمَ، لَوْ بَلَغَتْ ذُنُوبُكَ عَنَانَ السَّمَاءِ ثُمَّ اسْتَغْفَرْتَنِي غَفَرْتُ لَكَ وَلَا أُبَالِي. يَا ابْنَ آدَمَ، إِنَّكَ لَوْ أَتَيْتَنِي بِقُرَابِ الْأَرْضِ خَطَايَا، ثُمَّ لَقِيتَنِي لَا تُشْرِكُ بِي شَيْئًا لَأَتَيْتُكَ بِقُرَابِهَا مَغْفِرَةً ". هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ، لَا نَعْرِفُهُ إِلَّا مِنْ هَذَا الْوَجْهِ.*


 _Dari Anas bin Malik ra. ia berkata : aku mendengar rasulullah saw. bersabda ; "Allah Yang Maha Baik lagi Maha Tinggu berfirman, :"Hai anak adam, sesungguhnya selama engkau menyeru pada-KU dan mengharap pada-KU niscaya aku akan memberi ampunan padamu atas apa yang ada pada dirimu. dan AKU tak akan bosan/engan. Hai anak adam, sekiranya dosa dosamu sampai memenuhi langit kemudian engkau minta ampun pada-KU niscaya AKU akan mengampunimu dan AKU tak akan bosan/enggan. 

Hai anak adam, sekiranya engkau datang padaku dengan sepenuh bumi kesalahan kemudian engkau menemui-KU dalam keadaan tanpa mensekutukan-KU dengan sesuatupun, niscaya AKU akan menemuimu dengan sepenuh bumi ampunan._ (HR. Tirmidzi, beliau mengatakan ini hadit hasan ghorib )

Hadits riwyar Tirmidzi di atas memiliki beberapa syawahid ( hadits semakna dengan sumber shahabat lainnya ) yang antara lain, Abu Huroiroh ra dan Abu Dzar al-ghifari.

Dalam riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah, rasulullah bersabda :


 *لَوْ أَخْطَأْتُمْ، حَتَّى تَبْلُغَ خَطَايَاكُمُ السَّمَاءَ، ثُمَّ تُبْتُمْ، لَتَابَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ ".* 

 _Sekiranya kalian berbuat salah, sehingga kesalahan kalian memenuhi langit kemuan kalian bertaubat, sungguh niscaya Allah akan menerima taubat kalian/ memberi ampun atas kalian._ 

Sementara dalam riwayat Muslim dari Abu Dzar ra. rasulullah bersabda :

 *يَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ : مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا وَأَزِيدُ، (الي قول) .....، وَمَنْ لَقِيَنِي بِقُرَابِ الْأَرْضِ خَطِيئَةً لَا يُشْرِكُ بِي شَيْئًا، لَقِيتُهُ بِمِثْلِهَا مَغْفِرَةً "* .

 _Allah berfirman :"barangsiapa yang datang kepada-KU dengan satu kebaikan maka baginya sepuluh kebaikan yanh serupa dan akan AKU tambah (sampai pada perkataan) dan barang siapa yang menemui-KU dengan sepenuh bumi kesalahan sedang ia tidak mensekutukan-KU niscaya AKU akan menemuinya denga ampunan yang semisalnya ( ampunan sepenuh bumi )_


 *Syarah Hadits*

Salah satu siafat mulia yang ada pada diri Allah swt dan bahkan menjadi salah satu nama dari Asmaul Husna adalah 

 *اَلْغَفُوْرُ* 

 _Maha pengampun._ 


Ampunan yang Allah sediakan untuk hamba-hamba-Nya yang mau bertaubat, yang mau dan mengharap ampunan-Nya itu sangatlah luas, melebihi luasnya langi dan luasnya bumi.


Seorang muslim yang banyak berbuat salah dan dosa, sekiranya dia mau memohon ampunan pada Allah serta berusaha memperbaiki diri atas kesalahan yang pernah dilakukan maka baginya sangat terbuka peluang mendpatkan Ampunan Allah.


Sehingga tidak layak dan sangat tidak pantas, bila ada seorang muslim melaknat atau menetapkan atas muslim yang lain dengan mengatakan.. "dosa dosanya tak terampuni"... atau menetapkan suatu azab atas seorang atau sekelompok pendosa. Bukankah hak mengazab dan mengampuni itu miliki Allah semata.?

 *وَللهِ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ يَغْفِرُ لِـمَنْ يَشَاءُ وَيُعَذِّبُ مَنْ يَشَاءُ وَكَانَ اللهُ غَفُورًا رَحِيمًا* ( من سورة الفتح- آية (14))

 _Bagi Allah-lah kerajaan langin dan kerajaan bumi, Dia mengampuni siapa yang dikehendaki dan Dia akan meng-azab siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang_ ( qs. alfatah:14)

Oleh karena itu janganlah pernah merasa bosan untuk memohon dan mengharap ampunan dari Allah, jangan pernah merasa tidak layak untuk mendapatkan ampunan Allah. seberapa pun kita merasa diri kita kotor dan banyak dosa maka jangan berkecil hati untuk minta ampunan pada Allah, jangan pernah putus asa atas rahmat Allah, dan ampunan Allah merupakan bagian dari rahmat Allah swt.

 *والله اعلم*


Ditulis oleh Ustad Wakhirin  Bina Rohani Rumah Sakit Muhammadiyah Moga

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama