Anjuran Mendahulukan Yang Kanan

Anjuran Mendahulukan Yang Kanan
Ustad Wakhirin S. Sy



Anjuran Mendahulukan Yang Kanan


 

Ditulis Oleh : Ustad Wakhirin S. Sy

Adapun yang dimakasud dengan mendahulukan yang kanan adalah Mendahulukan Sebelah Kanan Baik Anggota tubuh maupun yang lainya dalam segala perkara yang baik, atau ke tempat yang baik. sebagaimana diinformasika. dalam beberapa hadits berikut.

Hadits Pertama


وَعَنْ عائشةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قالَتْ : كَانَ رسولُ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّمَ يُعْجِبُهُ التَّيمُّنُ في شأنِهِ كُلِّهِ : في طُهُوِرِهِ ، وَتَرجُّلِهِ ، وَتَنَعُّلِهِ . مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ .

Dari Aisyah ra. ia berkata : Adalah Rasulullah saw. (sangat ) meng-istimewakan kanan (sebelah kanan) dalam semua kegiatanya (yang baik) dalam berwudzu, dalam menyisir rambut, dalam memakai sandal. [ mutafaq alaihi ].


Hadits Kedua


وَعَنْ حَفْصَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُا : أَنَّ رسولَ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّمَ كانَ يَجْعَلُ يَمينَهُ لطَعَامِهِ وَشَرَابِهِ وثيابهِ ، ويَجْعَلُ يَسارَهُ لما سِوى ذلكَ. رَوَاهُ أَبُو دَاوُودَ وغَيْرُهُ

Dari Hafsah ra. bahwasanya Rasulullah menjadikan sebelah kanan (tangan kanan ) saat beliau menikmati makanan, saay minum, saat berpakaian dan beliau menjadikan/mendahulukan sebelah kiri dalam hal selain itu. [ HR. Abu Dawud ]


 *Faidah Hadits* 

Hadits Pertama 

1. Rasulullah sangat menyukai yang kanan

2. Rasulullah mendaٰhulukan anggota tubuh sebelah kanan saat berwudzu, saat menyisir rambut dan saat memakai sandal termasuk saat memakai kaus kaki dan sepatu.


Hadits Kedua

1. Rasulullah saw menggunakan tangan kanan saat beliau menikmati makan ( makan dan minum )

2. Rasulullah mendahulukan sebelah kanan saat beliau memakai pakaian.


 *Ibarotul Hadits* 

Mendahulukan sebelah kanan ketika melakukan kebaikan atau masuk ke tempat yang baik seperti masuk rumah, masuk masjid, masuk majlis taklim dan serupa dengan itu semua adalah termasuh sunah /kebiasaan rasulullah.


Oleh karena itu mari kita membiasakan atau melatih kebiasaan kita mendahulukan sebelah kanan dalam melakukan kebaikan. Karena suatu kebaikan yang ringan serta mudah tetapi bila tidak dibiasakan makan akan terasa berat dan sulit

والله اعلم

Ditulis Oleh : Ustad Wakhirin S. Sy  (Binroh RS Islam Muhammadiyah Rodliyah Achid Moga Pemalang) 



Ditulis Oleh : Ustad Wakhirin S. Sy

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama