Tips Memanfaatkan Digital Marketing Agar Menjadi Solusi Pemasaran Disaat Pandemi

Infosaja.net - Tips Memanfaatkan Digital Marketing untuk bisnis kali ini akan Kami berikan untuk Kamu. Digital marketing terbukti menjadi solusi pemasaran Disaat Pandemi. Fakta disaat pandemi covid-19, orang dan perusahaan yang menggunakan digital marketing banyak terbantu usahanya. Namun, hingga saat ini, masih saja ada sebagian orang yang masih belum melakukan digital marketing sebagai media pemasaraan saat ini.

Era digital sudah berjalan, canggih dan dinamis. sudah saatnya pelaku umkm naik kelas dengan menggunakan digital marketing. Para pelaku usaha, para UMKM sudah seharusnya dapat memanfaatkan teknologi digital bila tidak ingin usahanya terancam kebangkrutan.

Menurut Darmanto SEO, yang merupakan salah seorang praktisi digital marketing di Indonesia, penggunaan teknologi digital untuk memaksimalkan pemasaran produk yang bagus dampaknya.
Berikut tips yang beliau sarankan bagi Kamu para pelaku usaha.

Tips Memanfaatkan Digital Marketing untuk bisnis
Darmanto sedang memberikan konsultasi di ruang meeting Studio Web terkait digital marketing ke para kliennya


Tips Memanfaatkan Digital Marketing Untuk Bisnis


1. Membuat website untuk promosi

Website, blog adalah sebuah keharusan bila ingin mengembangan pemasaran melalui digital. Untuk itu web perlu dibuat. Fitur website harus user friendly. Di era sekarang yang banyak orang mengakses web lewat mobile. Bagi Kamu yang mau membuat web, maka web yang dibuat juga harus fast loading, informatif, mudah di pahami isinya. Mudah cara penggunaan fiturnya.

2. Mengelola website yang sudah dibuat agar banyak pengunjung.

Tugas pemilik web bila website sudah jadi adalah pengelolaan. Menurut Darmanto, hingga saat ini masih banyak orang yang beranggapan bila sudah punya website maka bisa langsung meningkatkan kemajuan usaha tanpa web dikelola. 

Padahal bila website sudah jadi, hal penting yang harus dilakukan adalah mengelola websitenya agar ada pengunjung web. Dalam mendatangkan pengunjung website, pengelola bisa membuat content yang informatif, original dan bermanfaat untuk mendatangkan fisitor secara organik. Cara mendatangkan visitor secara organik (SEO) walaupun butuh waktu, tapi cara ini bisa menghemat biaya mendatangkan visitor.

Selain cara organik, untuk mendatangkan visitor website, pengelola website juga perlu mendatangkan visitor menggunakan paid ads/iklan berbayar. Untuk iklan berbayar yang perlu dijalankan seperti menggunakan Google ads, facebook ads, instagram ads, press release, tik tok ads.

3. Membuat akun media social dan memaksimalkan sesuai kemampuan dan pengetahuan.

Sebagian besar orang biasanya sudah memiliki akun social media seperti facebook, Instagram, Tik Tok, Twitter, Linkedin, dan lainnya. Terkadang banyak yang hanya sekedar membuat akun dan tidak dikelola dengan baik. Agar akun social media bisa bermanfaat untuk meningkatkan usaha, sebaiknya dalam mengelola akun disesuaikan saja dengan kemampuan dan pengetahuan yang sudah bisa.

Contoh, jika saat ini Kamu baru bisa jualan melalui akun facebook,maka fokus dulu di facebook. Maksimalkan semua fitur untuk jualan yang sudah disediakan oleh facebook. Kalau ada kendala, cari tutorial di Google, ikuti seminar yang terkait jualan di facebook, beli buku, dan bisa juga mencari mentor untuk membimbing cara jualan di facebook.

Jika di satu platform social media 1 sudah benar-benar maksimal, baru menambah platform social media lainnya untuk mengembangkan promosi usaha.

Nah dari 3 tips memanfaatkan digital marketing diatas, Darmanto Seo yang juga selaku owner Studio Web yang merupakan perusahaan digital marketing berharap para pelaku usaha makin berkembang usahanya walaupun menghadapi pandemi covid-19.

Digital marketing, menurut beliau insyaAllah bisa menjadi solusi pemasaran disaat pandemi. Dalam pengalamannya membantu para pelaku usaha disaat pandemi, digital marketing alhamdulillah terbukti banyak klien yang dibantu bisa bertahan dan tetap berkembang usahanya sampai sekarang.

Bantu share artikel ini agar makin banyak orang yang tahu tips memanfaatkan digital marketing untuk bisnis. Bila kamu ada kritik dan saran untuk artikel ini,silahkan berikan komentar pada kolam komentar dibawah.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama