desain web seo friendly

Info Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Cara Budidaya Tanaman Belimbing Agar Berbuah Lebat

Diposting oleh On 19.39.00

Cara Budidaya Tanaman Belimbing Agar Berbuah Lebat. Belimbing manis sangat mudah cara budidayanya. makanya, tidak heran jika banyak yang suka menanamnya baik di lahan luas, pekarangan rumah, maupun dalam pot. berbuahpun sangat cepat dan lebat .

Buah ini sangat populer diseluruh asia tenggara, pasifik selatan, dan sebagian asia timur. Belimbing sangat cocok untuk dibudidayakan di daerah tropis seperti di Indonesia. bentuk buah belimbing menyerupai bintang, buah ini dapat dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi jus dan lain-lain.

Agar tumbuh secara optimal dan menghasilkan buah yang berkualitas ,dalam budidaya juga harus memperhatikan syarat dari belimbing.

Syarat Tumbuh Tanaman Buah Belimbing 

Berikut ini syarat tumbuh tanaman buah belimbing :

1. Tempat tanamnya terbuka & mendpt sinar matahari secara memadai dengan intensitas penyinaran 45–50 %, namun juga toleran terhadap naungan.
2. Suhu & kelembaban ataupun iklimnya termasuk tipe A (amat basah), B (agak basah), C (basah), dengan 6–12 bulan basah & 0–6 bulan keing, namun paling baik di daerah yg mempunyai 7,5 bulan basah & 4,5 bulan kering.
3. Untuk pertumbuhan dibutuhkan keadaan angin yg tidak terlalu kencang, karena dpt menyebabkan gugurnya bunga atau buah.
4. Curah hujan sedang, di daerah yg curah hujannya tinggi seringkali menyebabkan gugurnya bunga & buah, sehingga produksinya akan rendah.

Persyaratan benih dan bibit 

Dalam produksi belimbing harus selalu menggunakan pohon induk unggul atau pembiakan secara vegetatif (cangkok, okulasi, enten, dan susuan). Pembiakan generatif menggunakan biji tidak dianjurkan karena hampir selalu memberikan keturunan berbeda dengan induk. Pembiakan secara generatif( biji) hanya dimaksudkan untuk menghasilkan bibit tanaman yang kelak akan digunakan sebagai pembiakan vegetatif.

Persiapan pembibitan 

~ Pilih buah belimbing yang sudah matang dipohon dan keadaaanya sehat serta berasal dari varietas yang unggul nasional ataupun lokal.
~ Keluarkan biji dari buah dengan cara membelahnya lalu tampung didalam suatu wadah. ~ Cuci biji belimbing menggunakan air bersih sampai lendirnya hilang.
~ Keringkan dan angin-anginkan bii belimbing ditempat teduh dan kering hingga kadar airnya berkisar antara 12-14%.
~ Simpan biji belimbing dalam suatu wadah tertutup rapat atau bisa langsung disemai dipersemaian.

Demikian Trik Jitu Menanam Buah Belimbing Agar Cepat Berbuah. Di www.samudrabibit.com, kami juga menyediakan berbagai macam jenis belimbing yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Selain itu, kami juga menjual berbagai macam bibit tanaman buah unggulan lain secara grosir ataupun eceran dan melayani pembelian secara online.

Kami juga menyediakan berbagai macam pupuk tanaman buah dan aneka produk nutrisi sebagai penunjang keberhasilan dalam berkebun.

Silakan mengunjungi kebun bibit kami di Perumahan Bumi Saraswati, desa Gaum, kecamatan Tasikmadu, kabupaten Karanganyar untuk melihat langsung proses pembibitan dan pemeliharaan tanaman kami.

Informasi lebih lengkapnya : 

Samudra Bibit wa :0823-1087-4445 /0823-2246-8111
Email :nida@SamudraBibit.com

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »