Tahapan Penilaian Kinerja Karyawan

Tahapan Penilaian Kinerja Karyawan
Penilaian kinerja karyawan merupakan bagian dari proses bisnis yang digunakan untuk memandu pekerja perusahaan agar menjadi individu-individu yang efektif, melalui penentuan target kinerja yang dibutuhkan guna mencapai keberhasilan kerja.

Untuk itu dalam penilaian kinerja karyawan perlu menggunakan sistem pengelolaan kinerja (Performance Management System) agar mengetahui manajemen kinerja perusahaan. Sistem pengelolaan kinerja memiliki beberapa tahapan utnuk mendapatkan penilaian kinerja Karyawan: Tahapanan- tahapan itu antara lain sebagai berikut:
  1. Tahap Planning atau perencanaan yaitu penyusunan sasaran kinerja (Setting Expectations) berikut competency yang diharapkan yang dilaksanakan pada awal tahun. Pada tahap ini (awal Tahun fiskal) akan terjadi proses diskusi antara pekerja dengan atasannya.
  2. Tahap Performing atau pelaksanaan yaitu pelaksanaan pemantauan (Ongoing Tracking) dan umpan balik (Feedback) yang dilaksanakan sepanjang tahun berjalan. Pada tahap ini akan terjadi proses mid-year review dengan harapan akan terjadi diskusi pertengahan siklus (di pertengahan tahun fiskal). Pada tahap ini pula akan terjadi proses pemberian umpan balik, pemberian coaching dari atasan kepada staffnya, dan apabila diperlukan akan dilakukan review atas pelaksanaan sasaran kinerja yang telah ditetapkan pada tahap satu.
  3. Tahap Reviewing atau penilaian yaitu pelaksanaan review (Reviewing Progress) yang dilaksanakan pada akhir tahun. Pada tahap ini akan terjadi diskusi dan review dari keseluruhan pelaksaan kinerja selama satu tahun fiskal. Performance Management ini memiliki proses yang berkesinambungan, bukan sekedar kegiatan evaluasi kinerja (Performance Appraisal) yang hanya diadakan sekali dalam setahun. Sehingga mendapatkan penilain kinerja karyawan selama bekerja.
Untuk informasi lebih lengkapnya bisa kunjungi situs tahapan penilaian kinerja karyawan. Kami PT. Manajemen Kinerja Utama juga memberikan layanan jasa manajemen kinerja sdm untuk Anda yang membutuhkannya. Bila Anda berminat menggunakan jasa Kami hubungi kontak Kami melalui: Email: pesan@pakarkinerja.com
SMS/WA (0817 482 3235)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama