desain web seo friendly

Info Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Trik Mudah Mengetahui Website Penipuan

Diposting oleh On 23.29.00


Trik Mudah Mengetahui Website Penipuan
Trik Mudah Mengetahui Website Penipuan - Di jaman seperti sekarang ini, internet sudah bukan lagi hal yang awam, pasalnya internet telah banyak digunakan oleh semua kalangan baik yang berusia muda maupun yang sudah berusia lanjut. Dari berbagai kegunaan internet, salah satu yang paling banyak dimanfaatkan oleh orang-orang berbisnis online, karena dengan berbisnis online berdagang menjadi lebih mudah dan tentunya lebih cepat menghasilkan keuntungan. Tak jarang, dengan adanya bisnis online banyak oknum-oknum penipu yang memanfaatkan keadaan tersebut untuk meraup keuntungan yang lebih banyak.

Untuk itu, Anda sebagai pengguna bisnis online yang memanfaatkan internet untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda perlu adanya pemahaman lebih dalam mengenai situs online asli dengan yang palsu, hal ini tentunya untuk mengantisipasi adanya penipuan agar tidak terjadi pada diri Anda.

Nah, biar Anda gak jadi korban penipuan di website, yuk pahami bedanya website asli dan abal-abal! 

1. Cek Namanya

Untuk saat ini typo atau penulisan yang salah sudah menjadi hal yang wajar dan sering dilakukan oleh orang, dengan adanya insiden typo ini telah banyak dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggung jawab untuk mencuri data rahasia Anda. Mereka membuat website dengan nama semirip mungkin dengan aslinya misalnya beberapa website yang pernah dibuat situs palsu adalah "klikbca" menjadi "klickbca" , facebook" menjadi "faceboook".

2. Cek Domainnya

Selain dari namanya domain website untuk saat ini juga perlu diwaspadai, apalagi saat ini harga domain .net dan .com sudah murah. Beberapa website penipuan menggunakan domain gratisan, dengan tujuan tentu saja untuk menghemat biaya dan menghindari pendaftaran dengan dokumen lengkap seperti SIUP, akte, NPWP dan lain sebagainya.


3. Jangan Tergiur Dengan Domain Mahal

Untuk saat ini hanya dengan bermodalkan 100.000 Anda sudah bisa memiliki domain keren untuk website. Dengan hal tersebut telah banyak dimanfaatkan oleh penipu untuk beraksi. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, adanya website riba online yang menawarkan pinjaman secara online. Hal yang mencurigakan dari website tersebut adalah isi kesepakatannya yang tidak jelas. Untuk itu, Anda harus pastikan isi dari website tidak mencurigakan jika ada website yang menawarkan hal-hal menggiurkan.


4. Say No to Root Domain 

Pernahkah anda mengingat adanya kasus website video call whatsapp ? website dengan alamat whatsapp.videocalling-invite.cf menawarkan layanan video call di WhatsApp dengan syarat Anda harus menyebarkan link tersebut ke 5 grup dan 5 kontak. Selain isinya yang mencurigakan, dari alamat web juga bisa dilihat mencurigakan karena menggunakan root domain. Dengan root domain videocalling-invite.cf, bisa saja ada websitewechat.videocalling-invite.cf, sms.video-calling-invite.cf dan lain sebagainya. Website dengan nama seperti ini sama saja anda membuat website gratisan, dan jika anda meneumukan website dengan root domain coba anda kunjungi dan lihat halaman yang ditampilkannya karena hisa saja akan men-direct anda ke halaman yang berisi iklan tidak jelas.

 5. HTTP atau HTTPS?

Mungkin bagi orang awam, antara HTTP dan HTTPS tidak ada bedanya, hanya dibedakan oleh hurud "S". Namun "S" disini berarti secure yang berarti website dengan protokol HTTOS dijamin keamanannya. Jika anda menemukan website yang menawarkan undian namun tidak menggunakan protokol HTTPS sudah wajib anda curigai.

 6. Pastikan Keamanannya 

Tidak hanya itu, tidak hanya dari protokol HTTPS saja namun anda juga bisa lihat keamanan dari suatu website footer berupa logo atau link yang mengacu pada penyedia keamanannya. Jika Anda tidak menemukan footer tersebut tapi meminta data pribadi milikmu, selayaknya Anda curiga. 

Nah, itu beberapa cara mengetahui website penipuan, semoga dengan cara tersebut Anda bisa lebih berhati-hati ya dalam mengunjungi website apalagi jika website tersebut menawarkan hadiah. 

Dikutip dari Berbagai Sumber..

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »