desain web seo friendly

Info Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Ternyata Simpel Mengurangi Minusnya Mata Cukup Melakukan Cara-Cara Ini

Diposting oleh On 01.52.00

Siapa sih yang ingin memiliki mata yang penglihatannya kurang ? Tidak ada satupun kan yang mengharapkan seperti itu ?

Yapsss.. Tapi semakin berkembangnya teknologi dari mulai gadget, handphone hingga berbagai alat komunikasi lain yang memiliki pancaran radiasi berbahaya ini sangat memungkinkan untuk terjadinya minus pada mata.

Jika belum kena mungkin Anda bisa mencegah minusnya dengan berbagai cara, termasuk mengurangi kegiatan yang menyebabkan mata minus. Tapi kalau sudah kena apa yang bisa dilakukan ? Untuk itu mari kenali terlebih dahulu penyebab terjadinya minus pada mata.
Ternyata Simpel Mengurangi Minusnya Mata Cukup Melakukan Cara-Cara Ini

Mata minus dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain:

1. Pola hidup yang kurang baik

Suatu akibat tentunya tidak akan muncul tanpa sebuah sebab, begitu pun mata minus. Tidak akan terjadi mata minus tanpa sebab yang menyebabkan mata minus, biasanya orang yang berlokasi di perkotaan lebih mudah dan lebih beresiko terhadap terkenanya penyakit minus.

Tau gak kenapa ? Karena orang yang tinggal di perkotaan jarak pandangnya lebih dekat dan keseharian mereka lebih sering memAndang layar monitor komputer atau layar handphone yang memiliki tingkat radiasi tinggi yang tentunya lama-lama akan menyebabkan mata minus. Untuk itu, biasakan untuk berpola hidup yang baik, salah satunya adalah dengan mengurangi aktivitas di depan layar yang menyebabkan mata minus.

2. Faktor Genetika

Biasanya mata minus juga disebabkan oleh sebuah gen, biasanya jika anak terkena minus maka ayah atau ibu atau saudara yang lain juga terkena minus.

Untuk mengurangi mata minus, Anda juga bisa melakukan berbagai cara berikut:

1. Biasakan Untuk Mengonsumsi Makanan Yang Bisa Menjaga Kesehatan Mata, antara lain:
Ternyata Simpel Mengurangi Minusnya Mata Cukup Melakukan Cara-Cara Ini

a. Wortel, kaya akan vitamin A dan β-carotene.
b. Ikan Salmon, kaya akan omega-3.
c. Alpukat, kaya akan kandungan lutein.
d. Kol dan Bayam, mengandung lutein, zeaxanthin dan vitamin C.
e. Telur, mengandung lutein, vitamin A, vitamin B12, vitamin D, zinc, dan protein.
f. Tomat, kaya akan vitamin A, vitamin C dan lycopene.
g. Tiram, kaya akan kandungan zinc (seng).

Jika Anda tidak sanggup untuk mengonsumsinya dan sulit untuk mendapatkannya sangat disarankan untuk Anda mengonsumsi suplemen makanan yang mengandung berbagai vitamin berikut.

2. Gunakan kacamata seperlunya

Ketika Anda minus mungkin Anda akan disarankan untuk menggunakan kacamata. Jika Anda terbiasa menggunakan kacamata maka mata Anda akan terfokus pada pusat lensa (bagian tengah kacamata), hal ini menyebabkan otot mata menjadi kaku karena bola mata jarang bergerak untuk memAndang ke arah lainnya.  Nah, saran untuk Anda untuk mengurangi mata minus Anda bisa melakukan dengan melepas kacamata saat Anda benar-benar membutuhkannya saja. Jika Anda tidak menggunakannya Anda bisa langsung melepaskannya.

3. Sering-seringlah mengganti objek pAndangan Anda

Pekerjaan di depan layar monitor memang tidak bisa dipungkiri dan tidak bisa dicegah lagi, untuk itu biasakan untuk mengistirahatkan mata Anda beberapa menit sekali yakni dengan melihat berbagai objek di sekitar Anda. Bisa dengan menatap atau menatap objek lain.

4. Seringlah menatap objek terutama yang berwarna hijau

Ketika Anda mulai merasa pusing karena terlalu sering menatap layar komputer, berpalinglah untuk melihat objek lain terutama objek dengan warna hijau. Hal ini dipercaya dapat membuat mata lebih fresh.


5. Latih mata dengan melihat benda-benda yang bergerak.

Cara yang bisa mengurangi mata minus selanjutnya adalah dengan melihat benda-benda bergerak, ini bisa dengan melihat benda-benda bergerak seperti lalu lalang kendaraan di jalanan yang bisa dilihat kapanpun. Dengan melihat benda-benda bergerak maka fokus mata akan menjadi lebih berubah-ubah dan tidak akan merusak mata.

6. Sisihkan minimal 15 menit dalam 1 jam untuk mengistirahatkan mata

Sebuah rutinitas memang tidak bisa dihindari, apalagi hal tersebut menyangkut dengan pekerjaan, ini sangat beresiko untuk terkena mata minus. Untuk itu, biasakan untuk sering mengstirahatkan mata Anda minimal 1 jam sekali.  Hal ini akan sangat mencegah kenaikan mata minus Anda.

7. Terapi daun sirih.
Terapi dengan daun sirih ini dapat dilakukan untuk siapapun termasuk untuk Anda yang saat ini belum mengalami mata minus. Hal ini berfungsi untuk membuang kotoran, mengobati iritasi, mematikan kuman dan jamur pada mata.

Untuk terapi daun sirih bisa dilakukan dengan cara :
  • Siapkan Daun Sirih
  • Cuci bersih 
  • Tempelkan pada kelopak mata sebelum tidur (bisa menggunakan bantuan plester agar menempel pada mata). 
  • Pagi harinya, lepas daun sirih dan cuci bersih wajah Anda.

8. Lakukan terapi lilin

Ini mungkin aneh yah ? Tapi ini bisa dilakukan dengan cara yang mudah loh, caranya yaitu dengan
  • Siapkan 1 batang lilin dan nyalakan.
  • Lakukan dengan menatap lilin tanpa banyak berkedip usahakan sampai mata Anda banyak mengeluarkan air mata. 
  • Lakukan kira-kira 4x seminggu.

9.. Kompres dengan air hangat.

Salag satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi mata minus adalah dengan cara ini. Kompres dengan air hangat, and hanya perlu mempersiapkan handuk yang di rendam air hangat lalu tempelkan pada kelopak mata sambil berbaring, ulangi beberapa kali untuk membuat muka segar kembali.

10. Pijatlah titik-titik di area mata

Memijat adalah salah satu hal yang bisa dilakukan sebagai salah satu cara untuk membuat area mata menjadi lebih segar. Gunakan cara yang benar agar tidak salah ketika memijat.


Makanan yang harus dihindari : Anda
  • makanan yang mengandung zat kafein
  • makanan beralkohol
  • makanan yang banyak mengandung gula
  • makanan yang banyak mengandung susu
  • gorengan
  • rokok

Mungkin cara ini mudah yah sobat, tapi kadang memang butuh ketelatenan deh untuk melakukan itu semua. Soo,, jangan lupa mencoba yaa,, khususnya untuk Anda yang saat ini sudah merasakan minus. Jangan sampe tambah parah deh tuh mata :) semangat dan selamat mencoba sobat semua :)



Next
« Prev Post
Previous
Next Post »