PPK Ormawa IMM Insan Kamil UMP Kembangkan Ekonomi Kreatif Masyarakat di Banyumas

PPK Ormawa IMM Insan Kamil UMP Kembangkan Ekonomi Kreatif Masyarakat di Banyumas


Banyumas-Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Insan Kamil Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melalui Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) mencanangkan program Penguatan Digitalisasi Panembangan Smart Fisheries Villages melalui Pojok Literasi sebagai Aktualisasi Pengembangan Ekonomi Kreatif Masyarakat Cilongok Banyumas.

Adapun program tersebut diawali dengan kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di Balai Desa Panembangan, dengan pembicara Dr. Hindayati Mustafidah, S.Si., M.Kom., dosen Fakultas Teknik dan Sains (FTS) UMP.

Target sasaran dari program tersebut yakni berjumlah 30 orang dengan komposisi para pelaku Kelompok Budidaya Ikan (POKDAKAN), Kelompok Pengolahan dan Pemasaran (POKLASAR), Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS), serta penggiat UMKM.

Ketua PPK Ormawa IMM Insan Kamil, IMMawan Zunifan Arif Nugroho mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas Ormawa serta diproyeksikan untuk memneri manfaat lebih luas bagi masyarakat, khususnya di desa Panembangan.

“Sisi wisata edukasi dan pengembangan ekonomi kreatif menjadi prioritas kami dalam melaksanakan program, maka dari itu besar harapan kami Bapak dan Ibu sekalian berkenan membimbing dan mengarahkan kami untuk menyukseskan kegiatan ini dan meningkatkan daya tarik desa Panembangan bagi wisatawan,” jelasnya saat acara sosialisasi Senin (31/7/2023) lalu.

Sementara itu, Kepala Desa Panembangan, Untung Sanyoto, S.Pd menyampaikan harapannya kepada tim Ormawa IMM Insan Kamil terhadap kemajuan desa tersebut di masa mendatang.

“Seperti yang kita ketahui bersama di setiap desa wisata yang maju pasti jauh sebelumnya ada elemen mahasiswa yang turut serta membantu menyukseskan, contohnya Desa Ponggok di Klaten ternyata dulu ada UGM di belakangnya. Semoga hal demikian juga berlaku di sini, di mana majunya Desa Panembangan ada UMP di belakangnya.”

Lebih lanjut, Dr. Hindayati Mustafidah, S.Si., M.Kom., menjelaskan alasan dipilihnya digitalisasi literasi untuk program tersebut lantaran hal itu menjadi aspek yang wajib dikuasai oleh semua pihak untuk menunjang berbagai kegiatan termasuk perekonomian. (zah/tgr)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama