Kirab Budaya Slumpring Desa Cibuyur Meriah, Ini Dia Harapannya!

Kirab Budaya Slumpring Desa Cibuyur tahun 2023
Kepala Desa Cibuyur dan Istri Melambaikan Tangan Ke Warga

Kirab budaya Slumpring Desa Cibuyur tahun 2023 pada hari Minggu tanggal 27 Agustus 2023 selesai dilaksanakan di lapangan desa. Event tahunan Desa Cibuyur yang saat ini dipimpin oleh Bapak Yoyok Kusnodo berlangsung sangat meriah. Cibuyur merupakan desa di Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. 

Lapangan desa Cibuyur kemarin menjadi pusat perhatian masyarakat dari tetangga desa bahkan sampai luar kabupaten juga. Berikut ini rangkaian kegiatan kirab budaya Slumpring Desa Cibuyur tahun 2023:

Rangkaian Kegiatan Kirab Budaya Slumpring

1. Pra Kirab

- Malam Taqorrub
Malam taqorrub diisi doa bersama kepada Allah SWT bersama segenap warga dan sesepuh desa yang dilaksanakan pada malam hari tanggal 21 Agustus 2023. Di malam ini juga diisi pengambilan air dari 7 sumber mata air desa.


- Bazar UMKM
Kegiatan  ini dilaksanakan mulai tanggal 26 Agustus 2023 dengan diikuti 20 pelaku usaha. Pemerintah desa dan panitia penyelenggara menyediakan 20 stand gratis bagi UMKM warga Desa Cibuyur dari tanggal 26-27 Agustus 2023. 

Darmanto, salah satu pelaku UMKM yang ikut buka stand produk kaos dengan merk kedbel mengatakan terima kasih atas perhatian pihak desa dan panitia kegiatan yang sudah menyediakan stand gratis bagi para warga. "Alhamdulillah selama 2 hari buka stand, produk kaos Kami sangat laris dan menjadi tambah dikenal warga", ucapnya.

bazar umkm desa cibuyur

- Lomba tema parenting
Lomba ini diikuti oleh PAUD dan TK se-Kecamatan Warungpring. Total ada 20 PAUD dan 11 TK yang ikut memeriahkan lomba yang dilaksankan pada 26 Agustus 2023. Dalam lomba ini tampak siswa dan orangtua siswa sangat antusias mengikuti lomba ini.


- Panggung hiburan musik dan senam aerobik
Panggung hiburan dan senam aerobik merupakan salah satu kegiatan pra kirab yang menurut ketua panitia kirab budaya Slumpring Bapak Drs. Hepi Priyanto, M.M. adalah bentuk perhatian panitia untuk memberikan hiburan bagi warga masyarakat.

2. Kirab Budaya Slumpring

Puncak kegiatan kirab budaya diisi rangkaian jalan bersama kepala desa, panitia, perangkat desa dan warga dusun dari 7 RW dengan membawa 7 gunungan hasil bumi Desa Cibuyur di panggul menuju lapangan desa. Sesampainya di lapangan desa, gunungan hasil bumi didoakan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi warga desa yang hadir untuk memperebutkan hasil bumi yang sudah didoakan tersebut.

Selesai memperebutkan hasil bumi di gunungan, warga desa dihibur oleh penampilan dari tiap-tiap dusun yang menampilkan berbagai kesenian masing-masing. Lebih menarik lagi, warga yang menonton kegiatan kirab budaya disuguhi penampilan sendratari kolosal dari Dusun Randu RW 02. Dusun ini tampil dengan kesenian Babad Tanah Leluhur Sendratari Teatrikal Kolosal yang menceritakan sejarah awal mula Desa Cibuyur.

Pada akhirnya, kirab budaya Slumpring Desa Cibuyur tahun 2023 dengan motto "Cibuyur makmur, Slumpring luar biasa" yang dipimpin oleh ketua panitia Drs. Hepi Priyanto, M.M. berisi harapan semoga Desa Cibuyur menjadi desa yang subur, akur dan makmur warga desanya. 

GALERI FOTO KIRAB BUDAYA SLUMPRING















Post a Comment

Lebih baru Lebih lama