Ingin Jadi Pramugari, Ketahui Dulu Tugas Dan Tanggung Jawabnya !

Pramugari merupakan salah satu profesi yang paling terkenal dan bergengsi serta banyak di mininati di Indonesia setelah pilot, Flight Attendant (FA). 

Salah satu syarat umum menjadi seorang pramugari tentunya memiliki postur tubuh yang tinggi dan fisik yang ideal tidak terlalu gemuk ataupun kurus. 

Namun selain syarat fisik tersebut, pastinya banyak yang peneasaran dengan realita dari seorang pramugari. Apakah yang mereka kerjakan hanya dandan dan senyum-senyum di depan penumpang?

Tentunya tidak, disini kami akan menjelaskan fakta tentang tugas dan tanggung jawab seorang pramugari yang jarang diketahui oleh banyak orang. 

Inilah Tugas Pokok Dan Tanggung Jawab Pramugari 

Pramugari merupakan kru kabin baik perempuan maupun laki-laki (pramugara). Profesi ini berkaitan dengan pelayanan penumpang pesawat mulai dari menyampaikan pengumuman, mengantarkan makanan, hingga memprioritaskan keselamatan penumpang ketika terjadi situasi darurat. 

Profesi ini juga mempunyai sistem rekrutmen yang ketat. Tidak semua orang bisa menjadi pramugari, jadi tidak perlu heran jika pekerjaan ini memang terhitung sangat bergengsi. 

Ingin Jadi Pramugari, Ketahui Dulu Tugas Dan Tanggung Jawabnya !

Namun di balik senyum manis pramugari, rupanya mereka mempunyai tanggung jawab yang berat lebih daripada yang pernah dibayangkan. Secara sederhana modal mereka bukan sekadar fisik yang cantik atau tampan, melainkan dari segi dedikasi untuk pekerjaannya. 

Tugas umum pramugari/pramugara tentunya sudah banyak di ketahui oleh masyarakat umum. Akan tetapi ada fakta lain yang mengejutkan dan tidak terekspos. Berikut adalah tugas dan tanggung jawab dari seorang pramugari Antara lain : 

1. Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Penumpang 

Pramugari bekerja di bawah naungan maskapai, sehingga menjaga kualitas layanan menjadi hal utama yang perlu diperhatikan oleh seorang pramugari. Hal ini karena segala tindakan dan perilaku mencerminkan langsung kualitas layanan maskapai tersebut di mata masyarakat. 

Seorang Pramugari juga harus memberikan perhatian lebih kepada anak-anak, penumpang usia lanjut, dan ibu hamil. Pelayanan yang dimaksud bisa meliputi: 

  • Memastikan setiap alat keselamatan sudah tersedia 
  • Memandu penumpang saat proses boarding naik ke pesawat dan landing 
  • Membantu penumpang yang kesulitan saat meletakan barang di bagasi 
  • Menjawab dan membantu penumpang dalam penggunaan fasilitas pesawat 

2. Memastikan Kepatuhan Standar Keselamatan 

Seorang pramugari tentunya wajib memastikan kondisi yang kondusif di dalam kabin pesawat. Terutama hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan penumpang. Meliputi :

  • Memastikan tidak ada kegaduhan di area kabin, menjaga kenyamanan penumpang 
  • Tidak bosan-bosan mengingatkan pentingnya memakai sabuk pengaman sebelum pesawat lepas landas 
  • Mengingatkan untuk kesekian kalinya supaya penumpang tidak asal membuka pintu darurat 
  • Melarang penggunaan perangkat elektronik yang sekiranya bisa mengganggu sistem navigasi pesawat

3. Memberikan Pertolongan Pertama untuk Penumpang yang Sakit 

Seorang pramugari juga mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pertolongan pertama, menggunakan alat-alat P3K sesuai dengan kondisi yang dialami oleh penumpang. 

Fakta Mengejutkan Mengenai Pramugari yang Wajib Anda Ketahui 

Selain bertugas mengantarkan makanan sesuai permintaan dan bersikap ramah serta sopan terhadap penumpang mereka juga rela berkorban demi keselamatan penumpang. 

Bukannya berlebihan , tetapi memang setiap pramugari di latih untuk menerapkan prinsip utamakan keselamatan penumpang dibandingkan diri sendiri dan ini bukan hanya sekedar formalitas. 

Mereka juga telah dilatih untuk selalu siap dan siaga pada saat situasi darurat misalnya ketika terjadi pendaratan di laut, turbulensi yang kuat karena cuaca buruk, kebakaran yang terjadi secara tiba-tiba di dalam pesawat dan lain sebagainya. 

Persiapan ini juga dibuktikan melalui pelatihan jungle and sea survival, training situasi kebakaran, dan P3K. 

Itulah beberapa tugas dan tanggung jawab pramugari yang wajib Anda ketahui. 

Jadi jika Anda ingin menjadi pramugari, jadilah pramugari yang ramah dan tangguh. Persiapkan diri menjadi lebih baik dengan mendaftar di pendidikan pramugari di sekolah penerbangan terbaik. 

STTKD merupakan salah satu rekomendasi sekolah penerbangan terbaik di jogja. 

Kabar baiknya STTKD masih membuka jalur pendaftaran, wujudkan impian Anda untuk menjadi pramugari yang hebat dengan menempuh pendidikan dan pelatihan di kampus disiplin ini ! 

 

Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Jl. Parangtritis No.KM.4,5, Druwo, Bangunharjo, Sewon, Bantul, 

Daerah Istimewa Yogyakarta 55187

Telp/Fax: (0274) 418 248, 439 6163

Email: mail@sttkd.ac.id

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama