Inovasi Dosen UMP, Sambal Nusantara Bahan Dasar Ikan

Inovasi Dosen UMP, Sambal Nusantara Bahan Dasar Ikan



Cilacap-Tim Dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) yang tergabung dalam Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Riset-Mu 2022 mengadakan kegiatan pelatihan inovasi sambal nusantara berbahan dasar ikan.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Aula Kelurahan Cilacap, Cilacap Selatan. Kegiatan ini diikuti oleh kader Aisyiyah dan kader PKK setempat.

Riset yang bertajuk Pemberdayaan Kader Aisyiyah dan Kader PKK Kelurahan Cilacap untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Nelayan dengan Inovasi Produk Sambal Nusantara Berbahan Dasar Ikan itu dilakukan oleh tim dosen UMP.

Tim tersebut yakni Itsna Nurrahma Mildaeni, M.A. dari Fakultas Psikologi, Dewi Susylowati, S.Pi, M.Si., dari Fakultas Pertanian dan Perikanan, Eko Muharudin, S.S., M.Pd. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMP dan Alfalisyado, SE,Sy., M.E.,  dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMP.

Ketua Tim Pengmas Riset-Mu, Itsna Nurrahma Mildaeni, S. E. I., M. A., mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendayagunakan perempuan untuk melakukan wirausaha kuliner berbasis olahan ikan laut.

“Kegiatan ini kami lakukan mengingat daerah Cilacap Selatan merupakan sentra tangkapan ikan,” katanya saat ditemui di Purwokerto, Senin (6/3/2023).  

Dijelaskan tujuan produk riset diantaranya meningkatkan motivasi kewirausahaan nelayan, memberikan ketrampilan untuk memproduksi makanan olahan berbahan dasar ikan, dan memberi pengetahuan tentang pengemasan serta pemasaran produk olahan ikan.

“Proses Riset ini terdiri dari dua tahap pelatihan yang dilanjutkan pendampingan.Tahap pertama, pelatihan produksi sambal nusantara dan tahap kedua, motivasi kewirausahaan berbasis sumber daya alam,” ungkapnya.

Pihak Kelurahan Cilacap Selatan berharap pelatihan tersebut dapat meningkatkan motivasi berwirausaha untuk mendongkrak pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga nelayan.(red/tgr)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama