Gempa Tektonik Magnitudo 7,8 Guncang Turki


Gempa Tektonik Magnitudo 7,8 Guncang Turki


Turki-Wilayah iç Anadolu, Turki di guncangkan oleh gempa tektonik. Gempa yang berpusat di beberapa titik seperti Kahramanmaraş, Gaziantep, Hatay, Diyarbakır dan wilayah sekitarnya terjadi pada dini hari waktu turki.Senin (06/02/ 2023)

Gempa pertama terjadi pada pukul 04.17 TRT (Waktu Turki) dengan kekuatan 7,8 sk disusul dengan gempa kedua pada pukul 04.20 TRT (waktu turki) dengan kekuatan 7,4 sk. Gempa yang terjadi pada dini hari ini juga diikuti dengan hujan salju yang turun dengan lebat.

Banyak dari warga turki maupun warga indonesia yang langsung berlari turun dari rumah masing-masing. Mengingat jenis rumah diturki berupa apartemen dengan ketinggian 5-15 tingkat. 

Lalu pada pukul 13.40 trt terjadi gempa susulan dengan kekuatan 6.1sk dengan peringatan akan terjadinya gempa lanjutan.

Hal tersebut membuat Pemerintah Turki memberikan peringatan untuk tinggal dirumah dan menyarankan warga untuk segera berlindung di titik pengungsian. 

Begitupun dengan warga indonesia yang sedang berada di Turki baik Pelajar, Pekerja, Wanita Indonesia yang menikah dengan orang Turki yang berada di wilayah merah juga melarikan diri di pengungsian.

Tempat pengungsian yang digunakan adalah masjid ataupun bangunan satu lantai milik pemerintah Turki.

Keadaan pengungsi yang di beberapa wilayah cukup memperhatinkan seperti ada yang kedinginan, pingsan, militan dan tidak kebagian makanan. Mengingat cuaca ekstrem yang menimpah wilayah _redzone_  di Turki ini.

Update terkini pada pukul 22.30 TRT wilayah Kharamanmaraş baru saja mendapatkan listrik kembali setelah gempa pada dini hari yang menyebabkan listrik mati.

Pelajar indonesia yang berada di wilayah redzone sangat membutuhkan bantuan seperti makanan dan juga kaos kaki untuk menghangatkan tubuh.(Red)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama