Mahasiswa KKN UMP T AKB 004 Gelar Lomba TPQ Al-Ikhlas Muntukdawung Kebumen

Mahasiswa KKN UMP T AKB 004 Gelar  Lomba TPQ Al-Ikhlas Muntukdawung Kebumen


Kebumen - Kegiatan Lomba TPQ (Taman Pendidikan Quran) merupakan program kerja unggulan yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN T AKB 004 Rowokele tepatnya di TPQ Al-Ikhlas Muntukdawung  pada hari Selasa, 24 Agustus 2021.

Program kerja lomba TPQ ini dirancang oleh koordinator desa Fikri Rahmananda dan sudah disetujui oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yakni Ibu Astika Nurul Hidayah. Lomba TPQ ini dilaksanakan sebagai upaya melatih mental para santri untuk tampil di muka umum. Selain itu sebagai evaluasi bagi pengajar atas materi yang sudah diberikan pada saat kegiatan pembelajaran di TPQ.  

Fikri Rahmananda Koordinator Mahasiswa KKN UMP menjelaskan Untuk perlombaan dimulai dari pukul 12.45 hingga pukul 15.00 WIB dengan dua kategori, yaitu kategori Grup Al-Quran dan Grup Jilid. Pada grup Al-Quran terdapat beberapa perlombaan diantaranya lomba hafalan surat pendek, praktek solat, tartil Al-Qur’an, dan Adzan. Sedangkan pada tingkat grup Jilid terdapat perlombaan wudhu, baca jilid, dan hafalan doa sehari-hari.

Pada saat kegiatan berlangsung, terlihat santri-santri TPQ antusias dengan lomba yang diadakan oleh para mahasiswa KKN UMP. Hal tersebut terbukti dari keikutsertaan seluruh santri TPQ untuk mengikuti lomba ini. Dari 7 jenis perlombaan yang ada, diambil 3 perolehan juara dari tiap tiap lomba.Lomba TPQ secara keseluruhan berjalan lancar tanpa ada hambatan, ungkap Fikri Rahmananda.

Ustadz Darmuji selaku ketua TPQ Al-Ikhlas berpesan kepada para santri untuk mengikuti kesuluruhan lomba dengan semangat dan diharapkan bisa menjadi ajang reward bagi anak-anak TPQ atas ketekunan yang mereka capai. 

Selain itu juga berpesan kepada mahasiswa KKN agar menjadi generasi penerus yang jujur dan bertanggung jawab dalam mengemban segala amanah, karena semua perbuatan pasti akan ada pertanggungjawaban, ujar Ustadz Darmuji. (Red/KK)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama