Sejumlah Kendaraan Diputar Balik Akibat Penyekatan di Perbatasan Purbalingga

Sejumlah Kendaraan Diputar Balik Akibat Penyekatan di Perbatasan Purbalingga





Purbalingga - Sejumlah kendaraan dari luar daerah yang akan memasuki Kabupaten Purbalingga terpaksa diputar balik petugas gabungan di wilayah Jompo yang merupakan perbatasan kabupaten, Sabtu (10/7/2021) siang. Pasalnya pengemudi kendaraan tidak membawa kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan saat PPKM Darurat diberlakukan.

Tidak hanya itu, sejumlah pengemudi  kendaraan asal luar daerah diketahui positif Covid-19. Hal tersebut setelah dilakukan pemeriksaan rapid antigen secara acak di posko penyekatan perbatasan Kabupaten Purbalingga dengan Kabupaten Banyumas tersebut.

Kasat Lantas Polres Purbalingga AKP Rizky Widyo Pratomo yang memimpin kegiatan menyampaikan bahwa masih dalam rangka PPKM Darurat, siang hari ini dilakukan penyekatan kendaraan. Khususnya kendaraan atau mobilitas massa luar daerah yang masuk dari arah Kabupaten Banyumas menuju Kabupaten PurbaIingga.

Kegiatan penyekatan ini dilakukan secara rutin tidak hanya siang, namun melihat situasional ada pagi atau malam, mengingat kegiatan di dalam kota juga masih banyak bergabung dengan seluruh stakeholder di Kabupaten Purbalingga, ujarnya.

Kasat Lantas menjelaskan bahwa dalam penyekatan kendaraan dari luar daerah yang tidak memenuhi persyaratan diarahkan untuk putar balik. Diantaranya apabila tidak memenuhi dokumen persyaratan perjalanan salah satunya terkait sertifikat vaksin, bagi yang bekerja di sektor kritikal atau esensial harus membawa surat keterangan dari tempat kerjanya. 

Untuk yang berasal dari luar wilayah termasuk harus melampirkan hasil pemeriksaan rapid antigen,jelasnya.

Hasil penyekatan yang dilakukan di perbatasan kabupaten ada lima kendaraan dari luar daerah yang diputar balik oleh petugas. Selain tidak memenuhi dokumen yang dipersyaratkan tiga pengemudi hasil pemeriksaan rapid antigen di tempat dinyatakan positif.

Pengemudi yang hasil rapid antigen positif telah dilakukan koordinasi dengan dinas kesehatan kabupaten setempat. Mereka berasal dari Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Semarang. (Red/hms)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama