Rumah Warga Bukateja Terbakar Saat Malam Takbiran Idul Fitri

Rumah Warga Bukateja Terbakar Saat Malam Takbiran Idul Fitri


Purbalingga- Menjelang Idul Fitri 1442 H, sebuah rumah warga di Desa Karangcengis, Kecamatan Bukateja mengalami kebakaran. Kebakaran terjadi sekira jam 21.30 WIB, Rabu (12/5/2021) malam.

Kapolsek Bukateja Iptu Wartono saat dikonfirmasi, Kamis (13/5/2021) menyampaikan bahwa rumah yang terbakar diketahui milik Tarwaji (80) warga RT 3 RW 9 Desa Karangcengis, Kecamatan Bukateja, Kabupaten PurbaIingga. Penyebabnya diduga akibat api dari tungku yang habis digunakan untuk memasak.

Api dari tungku yang habis digunakan untuk memasak diduga belum sepenuhnya padam. Sehingga api membesar dan membakar kayu bakar hingga merembet ke bangunan rumah, ujar Kapolsek.

Kapolsek menjelaskan berdasarkan keterangan saksi, sebelum kejadian salah satu penghuni rumah bernama Khomsiah (48) memasak ketupat di dapur rumah korban pada pukul 15.00 WIB menggunakan tungku kayu bakar. Selesai memasak pada pukul 18.00 WIB kemudian mematikan api tanpa disiram air.

Namun sekira jam 21.00 WIB, diketahui api sudah membakar bagian dapur rumah korban. Penghuni rumah kemudian meminta tolong warga dan memadamkan api dengan alat seadanya, ungkap kapolsek.

Selanjutnya api akhirnya berhasil dipadamkan oleh warga sehingga tidak merembet ke bangunan lain. Namun ruang dapur rumah korban hangus akibat terbakar.

korban mengalami Kerugian materil akibat kebakaran tersebut ditaksir mencapai Rp. 8 juta katanya.

Kapolsek mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap kebakaran. Pastikan api di tungku sudah benar-benar padam setelah digunakan memasak. Sehingga meminimalisir kemungkinan terjadinya kebakaran.(Red/hms)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama