Pengaduan Online, Polda Jateng Silahkan Download Aplikasi Berikut Ini

Pengaduan Online, Polda Jateng Silahkan Download Aplikasi Berikut Ini


Semarang-Gebrakan untuk memaksimalkan teknologi informasi kian gencar dikembangkan Kapolri Listyo Sigit Prabowo. Kali ini, Kapolri meluncurkan aplikasi baru berjuluk Dumas Presisi. Aplikasi pengaduan masyarakat (Dumas) ini diluncurkan Polri bekerja sama dengan Bengkel Web Indonesia. 

Masyarakat dapat mendownload aplikasi ini di playstore untuk laporan secara online. Dumas Presisi ini memudahkan masyarakat untuk melaporkan kejadian termasuk tentang kinerja personil Polri dalam pelayanan masyarakat,ungkap Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Iskandar saat mendampingi Kapolda Jateng pada  kegiatan kunjungan Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Surakarta (25/3).

Ditambahkan, laporan pengaduan masyarakat yang masuk lewat aplikasi nantinya akan dipilah operator dan kemudian diproses. Sementara untuk perkembangan pengaduan, masyarakat bisa langsung memantau lewat aplikasi tersebut.

Namun Kabid Humas menekankan masyarakat turut menjaga kredibilitas aplikasi ini dengan memberikan informasi yang benar karena setiap laporan akan diverifikasi.

Masyarakat silahkan untuk melaporkan apa saja, termasuk bila mereka mengeluhkan soal kinerja anggota Polri. Hanya saja kami sangat menekankan, agar pengaduan yang dibuat tersebut agar benar-benar bertanggungjawab dan bukan sekedar laporan palsu,terang Kabidhumas.

Berdasar pantauan, langkah-langkah untuk mengajukan laporan lewat aplikasi ini cukup sederhana. Pada gerbang awal aplikasi, setiap pelapor memasukkan nomor induk kependudukan (NIK) dan mengisi _captcha_  sebelum selanjutnya mengunggah laporannya secara detil.

Saat ini aplikasi Dumas Presisi sudah update versi terbaru dan mendapat respon positif dari masyarakat. Terbukti, meski tergolong baru, aplikasi ini sudah diunduh ribuan orang.(red/hms)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama