desain web seo friendly

Info Terbaru

Subscribe Here!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tips Menjalani Puasa Agar Lebih Ringan

Diposting oleh On 02.02.00

Ngga terasa ternyata udah bulan sya'ban dan sebentar lagi Kita akan menghadapi bulan puasa yah :) khususnya Kita orang muslim tentu kedatangan bulan puasa sangat dinantikan karena banyaknya pahala yang bisa kita raih setiap hari dan apalagi ketika lebaran tiba tentunya semua anggota keluarga bisa kumpul bersama, waaahhh senangnya :D


Kebayang kan gimana rasanya bulan puasa tahun lalu ? Dan kini Kita sebentar lagi juga akan merasakan hal yang sama :) Tentunya kalo bulan ramadhan datang, sebagai umat muslim wajib puasa dong :) bahkan yang bukan muslim pun boleh melakukan puasa bersama karena banyaknya manfaat yang bisa Kita dapatkan dari puasa. Tapiiii.. Kalo puasa biasanya akan terasa berat ya.. mmmmmm.. bagaimana sihhh biar pusanya terasa ringan ??? Yapsss.. 
Sekarang Kami akan sedikit berbagi informasi buat Anda, tentang tips agar puasa terasa ringan menjalaninya, semoga bermanfaat yuk simak :)

1. Segera Mengakhiri Sahur Dan Jangan Abaikan Sahur

Sahur sangat disarankan untuk yang akan melakukan puasa, tapi sangat disunnahkan untuk segera mengakhiri sahur ya. Tujuannya agar energi yang berasal dari makanan yang kita makan ketika sahur tersebut dapat lebih tahan lama dan tentunya puasa akan menjadi lebih kuat.

2. Tidak Berlebihan Ketika Sahur

Mungkin Anda berfikir ketika makan sahur banyak terus energinya menjadi lebih banyak ya, padahal dari segi kesehatan makan makanan yang berlebihan justru akan membuat energi untuk mencerna makanan menjadi lebih banyak. Kalo udah banyak energi yang dikeluarkan begini, ya otomatis badan jadi lemes. Mending secukupnya saja ketika makan sahur asalkan semua zat yang dibutuhkan terpenuhi.

3. Makan Makanan Yang Mengandung Banyak Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat adalah salah satu zat yang bisa menghasilkan tenaga untuk tubuh, ketika Anda mengonsumsi lebih banyak karbohidrat kompleks maka badan bisa jadi lebih lama untuk tahan lapar. Karena karbohidrat yang kompleks ini tidak dapat langsung di cerna oleh tubuh. Jadi banyakkin deh makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks contohnya antara lain beras merah, gandum, ubi, oat, jeruk, apel, anggur, wortel dan lain-lain.

4. Makan Nakanan Yang Banyak Mengandung Protein

Selain karbohidrat, zat lain seperti protein juga sangat penting. Berpuasa selain untuk ibadah juga sangat baik untuk membantu Anda yang sedang melakukan program diet. Makanan berprotein sangat baik untuk Anda karena akan membantu Anda menjadi lebih tahan lama, dan mencegah katabolisme. contoh makanan tersebut antara lain : ikan, daging, ayam kacang-kacangan.

5. Kurangi Makanan Yang Banyak Memiliki Kandungan Garam
 
Selama berpuasa tentunya akan mudah merasakan haus dan lapar, sangat disarankan untuk Anda menghindari makanan yang banyak mengandung garam. Karena makanan yang mengandung garam akan membuat Kita menjadi lebih cepat dehidrasi.

6. Perbanyak Minum Air Putih

Seperti yang kita ketahui, meskipun tidak puasa kita diwajibkan untuk mengonsumsi air putih 8 gelas perhari. Puasa dengan pola makan yang dikurangi bukan menjadi alasan untuk anda kurang mengonsumsi air putih. Anda tetap bisa mengonsumsi air putih dengan pola 2-4-2. Dengan banyak mengonsumsi air putih anda tidak akan cepat merasakan haus.

7. Tidak Tidur Setelah Sahur

Setelah sahur adalah godaan paling berat untuk tidur, karena dalam posisi ngantuk kita akan menjadi lebih mudah untuk tidur setelah sahur. Padahal ketika anda melakukan tidur setelah sahur anda akan menjadi lebih cepat lemas, hal ini karena energi anda sudah berkurang akibat tertidur tersebut.

8. Rutin Berolahraga

Puasa bukan menjadi alasan untuk tidak berolahraga loh, karena dengan berolahraga tentunya tubuh menjadi lebih sehat dan justru akan membuat tubuh anda menjadi lebih kuat menjalani puasa. Jadi biasakan untuk 15 menit setiap hari melakukan olahraga ya :)
 
9. Segerakan Berbuka

Setelah seharian melakukan puasa tentunya tubuh sudah banyak kehilangan energi, untuk itu sangat disarankan untuk anda berbuka. Berbuka juga harus dengan makanan secukupnya jangan sampai berlebihan.

Itulah beberapa tips yang bisa kami bagikan untuk anda semua sobat, semoga puasa tahun ini lancar ya :) Selamat menjalankan puasa :)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Lah, tips yang nomor tujuh itu yg susah bagi saya.