Pengikut Islam Aboge Banyumas Rayakan Lebaran Idul Fitri Pada Hari Jumat Wage

Pengikut  Islam Aboge Banyumas Rayakan Lebaran Idul Fitri Pada Hari Jumat Wage


Banyumas-Kapan pengikut Islam Aboge Banyumas merayakan ibadah Idul Fitri tahun 2024 ini? Jawabnya adalah hari pasaran Jumat Wage 12 April 2024.

Sesepuh pengikut Aboge Banyumas termasuk di Desa Cibangkong, Kecamatan Pekuncen, Banyumas, Santibi mengatakan sesuai dengan perhitungan turun temurun, tahun 2024 bertepatandengan tahun Jawa Jim Awal.

Sesuai rumus yang diyakini turun menurun, awal tahun Jim Awal adalah Jimjangapon atau Jimatpon yaitu 1 Muharam jatuh pada hari pasaran Jumat Pon.

Sementara untuk menghitung awal Bulan Syawal maka digunakan rumus Waljiro (Syawal Siji Loro) yaitu Syawal dimulai dari hari pertama Jumat dan pasaran kedua dari Pon yaitu Wage. Jadi Idul Fitri Pengikut Aboge Banyumas adalah Jumat Wage.

Sebelumnya untuk menghitung awal Puasa itu rumusnya Sanemro (Puasa Enem Loro) yaitu Puasa adalah hari ke enam dari Jumat dan pasaran kedua dari Pon.

"Maka awal Puasa jatuh hari pasarannya adalah Rabu Wage," jelasnya.

Saat ini di Banyumas sejumlah komunitas pengikut perhitungan Aboge masih bertahan dan menjalankan ibadahnya dan tradisi leluhur mereka.

Pengikut Aboge ini antara lain berada di Komplek Komunitas adat Banokeling, Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang, Kompleks Masjid Saka Tunggal Desa Cikakak, Kecamatan Wangon.

Selain itu juga ada pengikut Aboge di Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang dan Masjid Rabak, Desa Cikawung dan Cibangkong, Kecamatan Pekuncen.

Di sejumlah desa ini mereka juga terafiliasi dengan jaringan tarekat Satariyah Pengguron Cirebon.

Dalam perhitungan Kalender Aboge, dalam kurun waktu delapan tahun atau satu windu terdiri atas tahun Alif, Ha, Jim Awal, Za/Je, Dal, Ba/Be, Wawu, dan Jim Akhir serta dalam satu tahun terdiri 12 bulan.

Dalam satu bulan satu bulan terdiri atas 29-30 hari. Adapun mereka juga mengenal pasaran berdasarkan perhitungan Jawa, yakni Pon, Wage, Kliwon, Manis (Legi), dan Pahing.

Hari dan pasaran pertama pada tahun Alif jatuh pada Rabu Wage (Aboge), tahun Ha pada Ahad/Minggu Pon (Hengadpon), tahun Jim Awal pada Jumat Pon (Jimatpon), tahun Za/Je pada Selasa Pahing (Jesahing), tahun Dal pada Sabtu Legi (Daltugi), tahun Ba/Be pada Kamis Legi (Bemisgi), tahun Wawu pada Senin Kliwon (Wanenwon), dan tahun Jim Akhir pada Jumat Wage (Jumagea).


Sumber : https://banyumas.suaramerdeka.com/banyumas/0912384615/pengikut-aboge-banyumas-rayakan-lebaran-idul-fitri-pada-jumat-wage?page=1



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama