PDM Pemalang Siap Bantu Entaskaan Masalah Sampah di Pemalang

PDM Pemalang Siap Bantu Entaskaan Masalah Sampah di Pemalang



Pemalang - Majelis Lingkungan Hidup (MLH) PDM Pemalang melakukan audiensi dengan Plt Bupati Pemalang. Dalam audiensi tersebut, ketua MLH Pemalang Erwin Ediyanto Erapraja menyampaikan niatnya untuk membantu Pemkab Pemalang dalam mengatasi masalah sampah yang ada di Pemalang. Audiensi berlangsung di Kantor Bupati pada Senin (31 Juli 2023).

Sapto, ketua PDM yang juga ikut mendampingi menyatakan kesiapan Muhammadiyah Pemalang dalam mengurai permasalahan sampah. "Muhammadiyah memiliki sejumlah kader yang siap bekerja sama dengan pemerintah di berbagai sektor. di PWM, ketua MLH juga menjadi penasihat Gubernur Jateng dalam mengatasi sampah".

Sementara itu, Erwin selaku ketua MLH menambahkan terkait solusi pengolahan sampah. "Pesantren Muhammadiyah akan menjadi garda terdepan dalam penanganan sampah yang bekerjasaama dengan Majelis Lingkungan Hidup PWM dan PDM".

Lebih lanjut ia menyampaikan terkait bioreaktor "Ketua MLH PWM Jateng, Dr Sobri menemukan alat bioreaktor kapal selam. dengan alat tersebut, limbah sampah dapat diolah menjadi pupuk organik baik cair maupun padat". Imbuh Erwin

"Secara teknis, idealnya bioreaktor kapal selam disediakan di tiap kecamatan. Alat tersebut bisa mengolah 30-40 ton sampah." pungkasnya 

"Agustus mendatang, Ketua MLH pemalang akan diajak bersama dengan MLH PWM melihat secara langsung proses alat tersebut di Kudus Jawa Tengah untuk kemudian dilaporkan kepada Pemkab. Harapannya, warga Muhammadiyah menjadi contoh baik dalam mengatasi permasalahan sampah".

Plt Bupati, Mansur Hidayat menanggapi dengan positif masukan dari PDM Pemalang, ia juga berharap masalah sampah bisa selesai di hulu (desa/kecamatan).  "lebih lanjut terkait pengolahan sampah, MLH bisa berkomunikasi dengan dinas terkait".

"Kami selaku Pemkab mengucapkan terimasih atas kedatangan dan tawaran terkait pengolahan sampah, tentu untuk mengatasi  masalah ini butuh kerjasama berbagai pihak". pungkasnya.(Red/MPI Pemalang)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama