Wajib Tahu, Ukuran Ideal Kolam Renang Sesuai Jenisnya

Tidak Banyak orang tahu jika setiap kolam renang memiliki ukuran yang berbeda, biasanya di sesuaikan jenis dan tujuan dari pembuatannya agar dapat berfungsi dengan maksimal. Untuk itu dalam membuat kolam renang tidak boleh asal dalam menentukan ukurannya. 

Seperti contohnya kolam renang rumah yang biasanya berukuran 3x7 meter. Lain halnya dengan kolam olimpiade yang standarnya berukuran 50x25 meter.

Sebagai referensi jika Anda ingin membangun kolam renang dengan menggunakan jasa kontraktor kolam renang sebaiknya tentukan dulu jenis dan ukuran kolam yang hendak di bangun. Berikut adalah standar ukuran kolam renag sesuai jenisnya yang ada di Indonesia.

Ukuran Standar Kolam Renang untuk Rumah

Ukuran untuk kolam renang pribadi atau rumahan tentunya sangat fleksibel karena di sesuaikan dengan ketersediaan lahan yang ada serta jumlah penggunanya. Namun untuk ukuran standar yang biasanya sering di gunakan yaitu 3x7 meter, 4x10 meter dan 5x12 meter. 

kontraktor kolam renang jacuzzi


Selain itu untuk kedalaman dari kolam renang tersebut pun bisa di sesuaikan misal pada bagian dangkal 60 cm dan untuk bagian terbadal 2,5 meter. Nah Kamu memiliki lahan yang super terbatas, kamu bisa menggunakan kolam renang dengan model yang minimalis. 

Ukuran Untuk Kolam Renang Anak

Jika Kamu berniat membuat kolam renang untuk Anak tentunya lahan yang di butukan jauh lebih kecil dari pada kolam renang dewasa.standarnya biasanya ukuran yang di gunakan adalah 80 x 120 cm hingga 1,5 x 2 meter dengan kedalaman yang ideal, yakni kisaran 30 – 80 cm.

Ukuran Kolam Renang Public

Kolam renang publik seperti yang ada di perumahan, wisata, hotel maupun aparteman tentunya digunakan oleh banyak orang sehingga ukurannya harus lebih besar. 

Jadi untuk ukuran kolam renang publik idealnya memiliki lebar kisaran 5 meter dengan panjang berukuran 25 meter. Sementara itu,untuk kedalamnnya di buat bervariasi mulai 1 sampai 3 meter.

Ukuran Kolam Renang Standar Nasional Indonesia 

Adapun ukuran kolam renang standar yang biasanya Kamu lihat di tempat-tempat latihan berenang tentunya berpatokan pada standar internasional dan nasional.

Menurut PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia) ukuran kolam renang yang sesuai standar adalah 50 meter x 25 meter dengan kedalaman 1,35 meter sampai 3 meter serta memiliki suhu 25° C – 28° C.

Aturan ini ternyata sejalan dengan ketentuan dari FINA (Fédération Internationale de Natation). Ini adalah satu-satunya tipe kolam renang yang ukurannya ditetapkan oleh organisasi tertentu.

Kolam renang ini berfungsi untuk pertandingan renang, sehingga size, kedalaman, bahkan panjang jalur lintasan juga ada aturannya.

Ukuran Kolam Renang Jacuzzi

Selain jenis kolam renang di atas Kamu juga bisa membuat kolam renang jacuzzi. Seperti yang kita ketahui kolam jacuzzi adalah kolam untuk berendam yang menggunakan sistem jet bawah air untuk memijat tubuh agar otot lebih rileks. Jacuzzi umumnya ditemukan di hotel atau tempat spa.

Jenis kolam renang ini memiliki ukuran sekitar 1,8 meter x 2 meter atau berbentuk lingkaran dengan diameter berukuran 2 meter. Kolam jenis ini biasanya hanya muat di gunakan 4-6 orang saja dalam 1 kolam.

Selain ukuran kolam renang banyak hal penting lainnya yang perlu di perhatikan dalam pembuatan kolam renang seperti air kolam, instalasi listrik kolam, sirkulasi hingga suhu air. 

Jadi kolam renang dengan jenis apa yang hendak kamu buat?

Percayakan saja kebutuhan pembuatan kolam renang kamu hanya kepada Antartika wahana kreasindo yang tidak hanya melayani pembuatan kolam renang ukuran rumah saja tetapi juga merupakan spesialis kontraktor kolam renang jacuzzi dan whrillpool terbaik di Indonesia.

Informasi lebih lanjut hubungi segera :

 

Antartika Wahana Kreasindo 

Jl. Ampera Raya No.17g, RT.7/RW.2, Ragunan, 

Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, 

Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12560 

Wa :08117327131 

Email :antartikawahanakreasindo@gmail.com

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama