Sukseskan Bidang Ketahanan, Kodim Pemalang Laksanakan Tanam Jagung

Sukseskan Bidang Ketahanan, Kodim Pemalang Laksanakan Tanam Jagung


Pemalang - Untuk  mendukung dan mensukseskan program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan, Kodim 0711/Pemalang melaksanakan tanam jagung di salah satu lahan demplot seluas 1,4 Hektar di desa Widodaren kecamatan Petarukan kabupaten Pemalang dalam rangka HUT TNI ke -  77 tahun 2022, Kamis (15/9/2022).

Tampak Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Roihan Hidayatullah, S.Sos., M.Tr(Han)., dan unsur Forkopimda Pemalang  turun langsung bersama para petani menanam jagung perdana di lahan tersebut yang turut dihadiri Kabag ITE Pengadilan Negeri Pemalang  Sudi, SH., BPBD Kab. Pemalang H. Misbah, Pasi Ter Kodim 0711/Pemalang Kapten Inf Heri Purnomo beserta Staf, Forkopimca Petarukan, Kepala Desa Widodaren Nasikin beserta perangkat, Perwakilan Anggota Kodim 0711/Pemalang, Ketua Persit KCK Cab XXI Dim Pemalang Ny. Roihan Hidayatullah beserta pengurus. 

Dalam keterangannya Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Roihan Hidayatullah, S.Sos., M.Tr(Han)., mengatakan Kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini adalah salah satu tugas TNI di bidang ketahanan pangan karena pangan sangat  berdampak pada ketahanan negara. 

Selanjutnya, TNI adalah tentara rakyat dari rakyat untuk rakyat kegiatan ini sebagai upaya kita dalam manunggal dengan rakyat.

Tugas TNI yaitu Operasi perang dan non perang, salah satunya  membantu pemerintah daerah di bidang ketahanan pangan”, tuturnya

Dandim juga mengatakan kegiatan ketahanan pangan yang kita laksanakan pada hari ini sebagai salah satu upaya dalam menumbuhkan soliditas dan loyalitas sebagaimana termasuk dalam perintah harian Kasad point ke tujuh (loyalitas) dan mewujudkan kemanunggalan di intern satuan maupun TNI dengan rakyat sesuai jati diri TNI sebagai Tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional. 

Dengan jumlah penduduk kurang lebih 1.305.700 jiwa, tanaman jagung di lahan demplot Kodim 0711/Pemalang ini memang tidak signifikan untuk dapat memenuhi kebutuhan pangan di wilayah Pemalang, tetapi setidaknya sudah membuktikan bahwa Kodim Pemalang telah mengambil bagian dalam mensupport pemerintah daerah untuk mewujudkan swasembada pangan di Kab. Pemalang”, pungkas Dandim.

Pada kesempatan yang sama Plt. Bupati Pemalang Mansur Hidayat, ST., sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Komandan Kodim 0711/Pemalang beserta jajarannya pada kegiatan ketahanan pangan ini. 

Menurut Plt. Bupati, dalam pertanian dari hasil panen  ada zakat yang harus  kita keluarkan 10 persen bila air yang dipakai dari tadah hujan namun bila dari sumur yang dibuat maka zakat 5 persen untuk itu saya mengingatkan kepada para petani agar berkah.

Terkait dengan pangan saya sangat setuju bahwa pangan sangatlah penting dalam bidang  ketahanan Negara”, pungkasnya.

Atas terselenggaranya kegiatan ini, Kades Widodaren, Nasikin mengucapkan terima kasih dan rasa bangganya kepada Kodim 0711/ Pemalang beserta jajaran. 

Kami dan masyarakat desa Widodaren  merasa terhormat dan berbahagia atas kedatangan Dandim beserta rombongan, semoga  kehadiran bapak akan menjadi motivasi dan  semangat kepada warga Widodaren untuk mewujudkan ketahanan pangan di bidang pertanian”, ucapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan  bibit jagung NK dari PT Syngenta oleh Plt. Bupati Pemalang Mansur Hidayat, ST., kepada Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Roihan Hidayatullah, S.Sos., M.Tr(Han)., kemudian penanaman secara simbolis oleh forkopimda Pemalang di lahan demplot kodim seluas 1,4 H.(Red)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama