Laksanakan Penghijauan, Dandim Pemalang Bersama Forkopimda Tanam Pohon Mangrove

Laksanakan Penghijauan, Dandim Pemalang Bersama Forkopimda Tanam Pohon Mangrove



Pemalang - Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Roihan Hidayatullah,S.Sos.,M.Tr(Han) bersama Forkopimda  melaksanakan penghijauan dengan penanaman 65.000 pohon mangrove di Pantai Muara Indah desa Asemdoyong Kecamatan Taman Kab. Pemalang ,  Selasa (12/10/2021)..

Kegiatan ini yang diselenggarakan Polres Pemalang merupakan program dari Polda Jateng yang dicanangkan Presiden RI  Ir.H. Joko Widodo dengan mengangkat tema "Polda Jateng Mageri Segoro ", Kegiatan ini untuk mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di tengah Pandemi Covid-19, melalui rehabilitasi hutan Mangrove

Selain Forkopimda turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Dinas Kesehatan, dan OPD terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Kapolda Jawa Tengah  Irjen Pol Ahmad Luthfi yang dibacakan Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo S.IK., M.H., menyapampaikan bahwa Program yang digagas Kapolda Jateng irjen Pol Ahmad Luthfi ini, adalah dalam rangka mendukung pemerintah khususnya  program  Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di tengah Pandemi Covid-19, melalui Rehabilitasi Hutan mangrove yang bertujuan mencegah Abrasi, mengurangi Emisi Karbon dan menjaga ekosistem pesisir, seperti yang sudah dicanangkan Presiden Jokowi.

Menurutnya, Program Polda Jateng “Mageri Segoro”  yang di laksanakan serentak pada haridi 14 Polres jajaran di antaranya di hukum Polres Pemalang, di wilayah di laksanakan secara bertahap sampai dengan bulan Desember 2021 dengan target 1 Juta  pohon magrove yang di tanam sepanjang  pesisir pantai utara dan pantai selatan provinsi Jawa Tengah. 


“Dalam mendukung program tersebut Polres Pemalang melaksanakan kegiatan Penanaman Magrove di Pantai Muara Indah Asemdoyong kec Taman kab Pemalang, lokasi ini sebelumnya belum pernah ada kegiatan penanaman Magrove bentuk antisipasi dalam mengurangi abrasi, di wilayah kab Pemalang”, Pungkas Kapolres.


Dalam kesempatan yang sama Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, ST. Msi., mengapresiasi kegaitan  Penanaman Mangrove di Kabupaten Pemalang  yang diselenggarakan oleh Polres Pemalang  di Pantai Muara Indah Asemdoyong Kecamatan Taman.

Saat ini upaya  penyelamatan lingkungan, rehabilitasi hutan dan lahan melalui konservasi tanah dan air serta reboisasi dan penghijauan sudah tidak dapat ditunda lagi. Bumi saat ini tengah menghadapi beberapa ancaman global yang serius, salah satunya ialah abrasi yang dapat menyebabkan penyempitan garis pantai, ungkap Bupati 

Bupati menambahkan demi menyelamatkan lingkungan di daerah pesisir pantai, Pemerintah Kabupaten Pemalang siap mendukung program rehabilitasi hutan mangrove yang saat ini sedang gencar-gencarnya di laksanakan oleh Kepolisian Republik Indonesia khususnya di Wilayah Hukum Polda Jawa Tengah, untuk itu Pemerintah Kabupaten Pemalang akan ikut serta memberikan bantuan berupa bibit mangrove.

Bupati meminta, kepada masyarakat Kab. Pemalang,  di masa Pandemi covid-19 ini sangat berdampak pada sektor perekonomian nasional agar bersama-sama kita bersinergi untuk melesatarikan tanaman mangrove dan peliharalah sebaik mungkin  sebagai bentuk rasa peduli kita kepada lingkungan. Pemerintah Kabupaten Pemalang akan membuka peluang investasi wisata hutan mangrove dan terus menggali potensi-potensi yang ada di pesisir pantai, yang diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional khususnya ke wilayah Kabupaten Pemalang tercinta ini’, Pungkasnya

Pada kegiatan tersebut Forkopimda juga memberikan secara simbolis paket sembako kepada perwakilan kelompok Tani, dilanjutkan dengan Penanaman secara simbolis bibit Magrove oleh Kapolres di ikuti Forkopimda dan Tamu undangan lainnya., (Pendimpemalang)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama