Mahasiswa KKN UMP Ciptakan Sebuah Inovasi Produk Terbuat Sari Bubuk Kopi Khas Kalibening

Mahasiswa KKN UMP Ciptakan Sebuah Inovasi Produk Terbuat Sari Bubuk Kopi Khas Kalibening


Banjarnegara-Desa Kalibening adalah suatu daerah yang terletak di kabupaten Banjarnegara penghasil kopi arabika terbaik di Indonesia.  Bahkan pada tanggal 25-26 Agustus 2017 kopi arabika Kalibening memenangkan festival kopi Nusantara 2017 yang diselenggarakan Kabupaten Bondowoso. 

Dengan melimpah ruah nya hasil panen buah kopi di desa Kalibening membuat para petani kopi di Kalibening Mengalami penurunan pendapatan karena harga kopi juga turun, sehingga mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Purwokerto  menciptakan Sebuah program kerja yang akan menyelesaikan masalah tersebut program kerja yang diciptakan yaitu simulasi pembuatan kerupuk kopi dan sabun kopi.

Bibit Putra Koordinator Mahasiswa KKN UMP Desa Kalibening menyampaikan bahwa terciptanya program kerja ini membuat olahan dari kopi diharapkan untuk mendongkrak harga kopi dengan kualitas terbaik di Kabupaten Banjarnegara dan mensejahterakan para petani kopi di Desa Kalibening.

Dengan program yang akan kami jalan kan ini bertujuan untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat desa Kalibening terutama kaum perempuan Ibu -Ibu, ujar Bibit Putra.

Bibit menambahkan aroma dan rasa kopi yang khas sebelumnya hanya dinikmati sebagai minuman, berkat tangan-tangan kreatif kita dan teman-teman Mahasiswa KKN UMP disulap menjadi olahan makanan yang enak dan sabun home made yang mudah dibuat serta  memiliki  nilai jual yang  cukup tinggi.

Harapannya setelah Program Mahasiswa KKN UMP selesai Masyarakat Desa Kalibening Akan memulai sebuah inovasi bisnis menjanjikan di waktu yang akan datang, ungkap Bibit Putra yang juga Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis.(Red/kk) 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama