Tanggapan Kapolres Purbalingga Video Viral Polantas Lakukan Pungli


Tanggapan Kapolres Purbalingga Video Viral Polantas Lakukan Pungli


Purbalingga- Video tentang polisi lalu lintas (Polantas) yang diduga melakukan pungutan liar (pungli) viral di media sosial, Sabtu (20/3/2021). Dalam video yang beredar melalui berbagai media sosial tersebut dinarasikan terjadi di wilayah Kabupaten Purbalingga.

Postingan pertama diketahui diunggah oleh akun tiktok bernama @budiduwittp2k yang memposting video bergambar razia lalu lintas dengan caption kalo salah y ditilang pak polisi jgn seperti itu caranya minta duwit Bkn malu aja. Dalam video ada tulisan aduh pak polisi bikin jelek nama purbalingga aja.

Postingan tersebut sudah dihapus oleh akun pengunggah. Namun video tersebut terlanjur viral dan terpantau masih dibagikan oleh akun lain ke berbagai macam media sosial hingga Minggu (23/3/2021).

Menanggapi video viral tersebut, Kapolres Purbalingga AKBP Fannky Ani Sugiharto, SIK, MSi menyampaikan bahwa video tersebut adalah video yang terjadi di Purbalingga pada tahun 2019. Seperti kita lihat di video yang beredar belum dalam masa pandemi Covid-19, petugas belum menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker.

Pada saat itu, polisi lalu lintas mendapati mengemudi kendaraan yang melanggar lalu lintas yaitu tidak membawa SIM dan kartu identitas. Memang dalam video terkesan adanya dugaan suap atau pungli yang dilakukan oleh petugas.

Terkait kejadian tersebut, saat itu sudah dilakukan proses terhadap anggota yang bersangkutan mulai dari teguran hingga penindakan,” jelas Kapolres, Senin (22/3/2021) sore.

Kapolres menyayangkan masyarakat yang mengunggah kembali video tersebut hingga menjadi viral. Hendaknya masyarakat lebih bijak tidak asal mengupload video yang tidak diketahui secara pasti informasinya. Harus betul-betul dipikirkan agar tidak menimbulkan permasalahan.

Setelah kita lakukan pemeriksaan ternyata pengunggah video tersebut bukanlah pelanggar lalu lintas yang saat itu mengambil video, tetapi orang lain lagi, ujar Kapolres.

Terkait pengunggah video sudah kita mintai keterangan, yang bersangkutan juga sudah meminta maaf. Terkait pengunggah video kita lakukan langkah pembinaan agar tidak mengulangi lagi mengunggah video tanpa didasari informasi yang tepat.

Namun demikian adanya video viral tersebut menjadi pecutan kepada kita untuk melaksanakan tugas lebih baik lagi,kata Kapolres. (Red/hms)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama