Pelatihan Batik Tulis di Dusun Brajan Tamantirto Bantul


Yogyakarta-Dalam usaha menyongsong tatanan kehidupan baru pasca covid 19 di sektor ekonomi, maka Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (LP3M UMY) melakukan pemberdayaan di Dusun Brajan,Tamantirto, Bantul.

Program besarnya adalah  inisiasi kampung wisata brajan dengan penguatan pada budaya kesenian, batik tradisional dan industri konveksi serta kuliner.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama 3 kali pertemuan tanggal  7, 15 dan 21 februari 2021. Acara ini hanya 11 orang dengan peserta terbatas sesuai anjuran menjalankan protokol kesehatan.  Dihadiri juga Kepala Desa Tamantirto Wiji dan ketua RT 07 Margiyanto serta beberapa tokoh pembatik Dusun Brajan.

Menurut Dr. Aris Slamet Widodo pelatihan membatik merupakan pelatihan yang dilaksanakan dengan tujuan untuk melestarikan salah satu kebudayaan bangsa. Dengan mengikuti pelatihan membatik para peserta bisa meningkatkan perekonomian keluarga.

Selain pelatihan membatik saya  dari perwakilan LP3M UMY memberikan hibah seperangkat alat membatik kepada kelompok pembatik yang mengikuti pelatihan batik ini. Harapannya setelah mengikuti pelatihan bisa memproduksi batik secara masal dan membentuk badan usaha bersama, ungkap Dr.Aris Slamet Widodo (Red).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama