Metode Mencerdaskan Otak Dengan Cara Sederhana

Metode Mencerdaskan Otak Dengan Cara Sederhana - Berbagai cara sederhana selain dengan duduk di bangku sekolah ternyata bisa dilakukan untuk mencerdaskan otak, termasuk dengan kebiasaan sehari-hari yang ternyata bisa dijadikan metode atau sarananya.

Karena otak merupakan salah satu bagian yang paling penting dalam tubuh manusia untuk mengendalikan sistem kerja tubuh untuk itu otak harus benar-benar dijaga agar dapat bekerja secara sempurna. Memberikan nutrisi pada otak adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan otak, tidak hanya makanan saja yang bisa menjadi nutrisi namun belajar juga merupakan nutrisi yang paling baik untuk otak.

Belajar tidak hanya dilakukan untuk orang yang masih duduk di bangku sekolah saja, namun untuk yang sudah tidak mengenyam pendidikan juga diwajibkan untuk selalu belajar. Belajar bisa dilakukan kapanpun, salah satunya adalah dengan memanfaatkan kegiatan sehari-sehari sebagai cara sederhana untuk mencerdaskan otak. Apa saja sih cara sederhana tersebut ?

 1. Manfaatkan Waktu Online-Mu
 
Bermain internet merupakan hal yang sangat menyenangkan, karena dapat membuat fikiran menjadi lebih relax. Namun tetap saja banyak hal yang justru membuat emosi, nah mulai sekarang daripada Anda membuka situs yang membuat emosi Anda bisa manfaatkan waktu tersebut untuk membuka situs yang bermanfaat. Ada banyak situs yang menyimpan pengetahuan berguna, misalnya Anda bisa membuka situs untuk sekedar menyimak kuliah gratis dari dosen-dosen universitas terbaik di dunia.

2. Saat Anda Ke Warung, Mintalah Tayangan Televisi Yang Lebih Bermanfaat
 
Anda bisa lakukan dengan meminta diganti ke channel berita  dengan begitu, Anda akan terhindar dari tayangan televisi yang sia-sia dan membuang waktu saja.

3. Pilih Teman Yang Cerdas
 
Kecerdasan seseorang pada dasarnya bisa saja menular, untuk itu janganlah ragu untuk menjadikan orang cerdas sebagai teman Anda. Berada di sekitar orang cerdas bisa mengekspos Anda untuk selalu belajar berbagai macam hal. Dari sinilah Anda bisa meningkatkan stok pengetahuan pribadi Anda.
 
4. Bersikap Optimis Pada Suatu Hal
 
Optimislah jika Anda memiliki keyakinan terhadap segala sesuatu yang menantang, karena jika Anda memiliki keyakinan untuk bisa Anda akan tertantang untuk dapat mencapainya. Dengan begitu Anda akan mencari cara bagaimana untuk mencapainya dan secara tidak langsung dapat membuat otak Anda semakin cerdas.
 
5. Unduh Aplikasi Bermanfaat
 
Anda bisa manfaatkan gadget Anda untuk belajar, misalnya dengan memasang aplikasi internet yang bermanfaat seperti google translate yang dapat membuat Anda semakin pAndai berbahasa inggris atau aplikasi lain yang secara tidak langsung dapat membuat Anda cerdas.
 
6. Perbanyak Makan Ikan Laut
 
Jangan cuma makan mie instant, karena dari segi kesehatanpun mie instant tidak baik untuk Anda. Nah untuk itu, perbanyaklah makan ikan laut, selain bergizi ikan laut juga bisa membuat otak menjadi lebih cerdas. Ngga perlu ikan yang dibuat sendiri, karena sekarang sudah banyak makanan siap saji yang bisa Anda coba.
 
 7. Sarapan Pagi
 
Untuk bisa mencerdaskan otak, sarapan juga merupakan hal yang sangat penting. Karrna dapat membuat daya ingt seseorang menjadi lebih kuat. Nah mulai sekarang  jangan sampai ketinggalan untuk sarapan pagi ya.
 
8. Baca Koran
 
Kegiatan membaca Koran mungkin akan menjadi hal yang sangat membosankan, namun meskipun kegiatan ini terbilang sepele ternyata dapat meningkatkan kecerdasan otak. Dengan membaca Koran Anda akan tau berbagai hal baru di dunia sehingga akan banyak topic pembicaraan yang bisa Anda perbincangkan dan tentunya bisa menambah wawasan Anda.
 
9. Bermusik
 
Mendengarkan music atau bermain music akan membantu kemampuan analisis, kreativitas, bahasa, matematika, dan keterampilan motorik halus. Karena hal ii akan membantu memperkuat corpus callosum yang menghubungkan dua belahan otak dengan membuat koneksi baru. Hal ini tentunya akan membantu memori, pemecahan masalah dan fungsi otak secara keseluruhan.
 
10. Olahraga
 
Kegiatan berolahrga selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak. Olahraga akan mampu membuat orang berfikir fleksibel yang sangat bermanfaat untuk jangka panjang.

Nah itu berbagai cara yang bisa Anda gunakan untuk mencerdaskan otak Anda. Segera lakukan secara rutin yaa  :) semangaatttt !! 

"Tuntutlah ilmu hingga ke negeri china"


Dikutip dari berbagai sumber..

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama