desain web seo friendly

Kegiatan Ini Bisa Membuat Anda Muda Terus

Diposting oleh On 16.47.00 with No comments

Siapa sih yang tidak mau punya tubuh yang awet muda? Usia memang tidak bisa membohongi, tapi setidaknya kita mengusahakan penampilan kita agar selalu awet muda. Jika kita mampu melakukan segala hal yang bisa membuat tubuh menjadi lebih awet muda setidaknya kita lebih terlihat muda dari usia kita.

Bagaimana sih cara membuat kita lebih awet muda tanpa harus operasi plastik, minum obat, dan hal-hal buruk lain yang membutuhkan biaya mahal?

Dewasa ini, banyak orang melakukan berbagai cara hingga cara ekstrem tertentu untuk membuat tubuh menjadi lebih terlihat awet muda. Salah satunya adalah dengan operasi plastik yang membutuhkan biaya yang banyak. Padahal, tanpa kita sadari, dengn melakukan cara-cara atau kebiasaan-kebiasaan berikut akan membuat anda menjadi lebih terlihat muda dari usia anda.

Berikut Infosaja.net memberikan informasinya untuk anda.


1. Makan makanan yang bergizi

    a. Kurangi makanan berlemak

Menghindari makanan berlemak adalah salah satu cara untuk membuat tubuh menjadi terlihat lebih muda. Karena selain menaikkan bobot tubuh anda, jenis makanan berlemak ini juga dapat mengganggu kesehatan kulit. 

    b. Makanlah makanan yang banyak serat

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat adalah salah satu kunci awet muda karena akan membantu menjaga kesehatan pencernaan anda. Untuk menjaganya anda memerlukan 25 gram serat setiap hari. Serat dapat ditemukan dalam buah-buahan, sayuran dan makanan yang gandum. Coba ikuti cara berikut :
• Pilih makanan yang mengandung gandum sebagai sarapan atau kudapan. • Cobalah nasi merah atau pasta yang terbuat dari gandum. • Makanlah oatmeal untuk sarapan anda.

    c. Makan makanan yang banyak mengandung anti oksidan

Salah satu penulis buku Staying Young "The Owner’s Manual for Extending Your Warranty" Dr. Mehmet C. Oz, M.D.,mengungkapkan bahwa antioksidan merupakan makanan anti penuaan, dan salah satu makanan sumber antioksidan yang paling ia sukai adalah blueberry. Ia berkata bahwa, “Semua makanan berwarna gelap memiliki semacam zat antisoksidan yang dapat melindungi anda.” Makanan anti penuaan lain diantaranya brokoli, tomat, dan acai, buah kecil yang berasal dari hutan di Amerika Selatan yang sering ditemukan pada minuman jus di Amerika Serikat. Ia menyarankan anda makan 5 macam makanan yang mengandung antioksidan setiap harinya.

    d. Perbanyak minum air putih

Air putih yang biasa kita konsumsi sehari-hari sangat baik untuk kesehatan, untuk memenuhi syarat kesehatan setidaknya mengonsumsi delapan gelas air putih setiap hari. Ini berfselain dapat melembabkan kulit juga berfungsi untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan membersihkan kulit serta membuatnya tampak muda dan bercahaya.

    e. Makan makanan tinggi protein
Makanan yang mengandung protein yang tinggi sangat dianjurkan untuk anda yang menginginkan rambut dan kulit yang sehat dan berkilau. Rambut yang sehat dan berkilau akan sangat mempengaruhi penampilan seseorang.

 


2. Ubah diri sendiri

     a. Bersihkan gigi 

Dengan selalu membersihkan gigi secara teratur dan sesuai dengan aturan, akan mengurangi bakteri yang tumbuh di dalam plak gigi. Dengan begitu, kita akan terhindar dari banyaknya plak gigi yang muncul, dan membuat kita menjadi lebih terlihat awet muda.

     b. Hindari menggunakan pelurus rambut
Meluruskan rambut dewasa ini sangat banyak digemari oleh banyak orang, padahal rambut yang sering terpapar panas alat, baik itu pengering rambut, pelurus maupun pengeriting, rentan kering dan kusam. membuat rambut menjadi mudah rusak, patah dan bercabang. Dengan begitu justru membuat penampilan semakin terlihat tidak muda

b. Gunakan cat kuku
Salah satu yang bisa menunjang penampilan menjadi lebih awet muda adalah bagian yang ada di tangan, dan dengan menutpi penuaan di kuku gunakanlah cat kuku sehingga akan terlihat lebih awet muda.

 


3. Ubah Pola Hidup

      a. Berolahraga

Orang yang berusia tua namun memiliki jantung yang baik lebih sehat daripada orang yang lebih muda namun tidak aktif secara fisik.  Salah satu hal yang bisa membuat jantung lebih sehat adalah dengan berolahraga, berolahraga membuat jantung lebih sehat dan tubuh menjadi lebih kuat. Dengan kita sering berolahraga akan memutar jam biologis anda.

     b. Meditasi

Orang –orang yang melakukan meditasi memiliki tingkat hormon stress seperti cortisol dan adrenalin yang lebih rendah, dan mekanisme adaptasi mereka cenderung lebih kuat dibandingkan orang rata-rata. Menurut penelitian orang yang sering melakukan meditasi usianya 5-12 tahun lebih muda.

     c. Cukup tidur


Penelitian yang dilakukan Universitas Medis Chicago menemukan bahwa mempersingkat durasi tidur anda dari 8 jam menjadi 4 jam akan mempengaruhi kadar glukosa dan funsi endokrin anda kurang dari 1 minggu. Perubahan ini akan nampak seperti tahap awal jika anda terkena diabetes. Namun, kekurangan tidur juga akan menyebabkan bukan hanya anda memiliki awal yang kurang prima setiap harinya, namun anda juga akan menjadi rawan terhadap beberapa penyaklit seperti diabetes, hipertensi, obesitas dan hilang ingatan.

     d. Berhenti merokok

Semakin anda banyak merokok, maka semakin anda banyak mengurangi usia anda. Menurut penelitian orang yang merokok akan memotong 7 tahun usia mereka, selain itu juga membuat kulit menjadi lebih keriput.

    e. Gunakan tabir surya

Seperti yang kita tahu bahwa Sinar ultraviolet sangat berbahaya yang dapat merusak lapisan kulit dan membakarnya. Oleh karenanya selalu gunakan tabir surya saat keluar rumah khususnya siang hari untuk menjaga kulit Anda.
Para ahli dermatologi menyarankan untuk menggunakan tabir surya dengan kekuatan SPF 15 atau lebih.

 


4. Ubah Pola Pikir

     a. Hilangkan mitos "semakin tua semakin tidak berguna"

Menurut penelitian yang dilakukan oleh banyak ilmuwan, jika anda semakin mempercayai mitos "semakin tua semakin tidak berguna" maka anda akan semakin kefikiran dan justru akan membuat anda semakin kelihatan tua. Selain mempengaruhi mental, fisik andapun akan ikut terpengaruh.

Meskipun melalui penelitiannya ia menemukan bahwa orang berusia lanjut yang memiliki pendapat negatif mengenai penuaan memiliki hasil tes yang lebih buruk dibandingkan dengan orang berusia lanjut yang memiliki pendapat positif seiring dengan bertambahnya usia. Sebagai contoh mereka berpendapat bahwa dengan bertambahnya usia maka mereka pun bertambah bijak. Levy juga menunjukkan bahwa dalam kebudayaan yang memiliki pandangan yang lebih positif terhadap penuaan dibandingkan dengan kebudayaan di Amerika Serikat atau di negara-negara barat lainnya, orang berusia lanjut mendapat nilai yang lebih baik dalam tes memori.

     b. Pertahankan sikap positif

Seorang peneliti yang berasal dari Universitas Kentucky bernama David Snowdon pada tahun 1986 meneliti 678 biarawati untuk menemukan rahasia otak, khusunya apa yang terjadi pada otak seiring dengan bertambahnya usia. Hasil penelitiannya yang dikenal dengan Penelitian Biarawati, berhasil menemukan cara-cara untuk hidup dengan kehidupan mental yang aktif seiring dengan pertambahan usia. Salah satu penemuannya adalah kondisi emosi positif pada usia dini akan membantu menghilangkan rasa cemas dan dapat memperpanjang usia. Faktanya, terdapat hubungan antara fisik dan mentalnya, semakin anda berfikiran positif maka anda semakin lebih terlihat muda.

     c. Mengatur stress

Stress berhubungan dengan segala hal mulai dari flu hingga kanker. Gangguan jantung, hipertensi, darah tinggi, depresi, penyakit kronis, gangguan seksual dan kesuburan, serta diabetes semua disebabkan oleh stress. Untuk meningkatkan peluang anda untuk hidup lebih lama anda harus mengurangi kemungkinan anda untuk sakit, dan itu berarti anda harus mengurangi tingkat stress anda. 

 


5. Hindari Kebiasaan ini

    a. Banyak memakan makanan manis

Kebanyakan orang, lebih banyak menyantap makanan ringan daripada makanan utamanya dengan tujuan diet. Dan mereka lebih memilih untuk memakan makanan manis seperti kue dan makanan manis lainnya. Padahal, gula mengandung zat bernama glycation yang bisa merusak lapisan kolagen dalam kulit. Sedang kolagen berfungsi membuat kulit kenyal dan kencang. Selain dessert, nasi putih dan buah yang terlalu matang juga mengandung banyak gula.

     b. Hanya sekedar memakan sayur sebagai lalapan

Jika anda merasa makan nasi saja itu masih kurang, beralihlah dengan banyak makan sayuran. Karena akan membuat kita menjadi terpenuhi kondi Tenang, semua enggak akan kejadian kalau kita menambah porsi sayur. Tapi sayangnya, banyak yang menganggap sayur hanya sebatas lalapan, bukan menu utama. Untuk itu ubah fikiran anda yang bersuggesti bahwa sayur hanyalah sebagai lalapan.

     c. Malas angkat yang berat-berat.

Malas memang hal yang sangat wajar dan bisa menimpa siapa saja, tapi jika kita mampu melakukannya kenapa tidak? Dengan rajin mengangkat barang berat bisa mengencangkan otot tangan dan kulit wajah sehingga otomatis akan membuat kita semakin terlihat awet muda.
     d. Kebanyakan olahraga.
Olahraga memang sangat dianjurkan untuk membuat kulit sehat dan lebih terlihat awet muda, namun kebanyakan olahraga juga tidak baik karena jika kita kelelahan maka kita akan merasakan kurang tidur dan hal ini menimbulkan efek lain yang bisa dilihat dari fisik seperti : Kurang tidur menimbulkan mata panda, siklus menstruasi tidak stabil, nafsu makan berkurang, dan memicu kelelahan otot jantung. Untuk itu, olahraga sewajarnya dan sesuai dengan kebutuhan tubuh saja jangan berlebihan.

     f. Diet super ketat

Memiliki tubuh langsing memang sangat ideal kan? Tapi untuk mencapai semua itu butuh berbagai tantangan dari mulai mengurangi makan hingga diet super ketat. Untuk diet jenis ini sangat tidak dianjurkan, karena
pola makan dengan menghilangkan asupan lemak, karbo, dan kalori secara drastis seperti ini justru bisa memicu kulit kendur, rambut rontok, tulang keropos, dan kuku kusam karena kurang nutrisi.

     g. Menghindari makanan antiaging

Selain di produk kecantikan, anti aging juga bisa anda dapatkan dari jenis makanan tertentu. Namun kebanyakan orang menghindari makanan yang mengandung anti aging.  Selain vitamin A, C, dan E, kandungan alkaline dalam makanan, yaitu kalsium, potasium, dan magnesium,  bisa membuat tubuh semakin sehat, tulang-gigi kuat, serta rambut indah. Semua bisa kita dapatkan lewat sebuah apel, pir atau lemon setiap hari.
 
     h. Memegang telephone seluler setiap hari bahkan setiap jam

Ponsel yang kita gunakan setiap hari, menimbulkan efek bahaya bagi tubuh yang ditimbulkan dari pancaran radiasinya. Selain menimbulkan kulit keriput jug menyebabkan mata merah. Jika terlalu lama menggunakan ponsel, maka ponsel semakin panas dan menimbulkan efek pada kulit alhasil, timbul bintik-bintik gelap di wajah. Menggunakan earphone, dapat membantu mengurangi efek tersebut.


Itulah beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk membuat anda awet muda, namun jika anda tidak mampu melakukan semua itu, hal yang harus anda lakukan adalah dengan selalu tersenyum. Karena dengan kita tersenyum setiap hari, akan mengurangi keriput pada wajah. :) selalu senyum tapi jangan senyum sendirian ya :)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »