desain web seo friendly

Bulan September Ini Akan Terjadi Fenomena Langka, Catat Tanggalnya Berikut

Diposting oleh On 20.06.00 with No comments


Bulan September Ini Akan Terjadi Fenomena Langka, Catat Tanggalnya Berikut

Bulan September Ini Akan Terjadi Fenomena Langka, Catat Tanggalnya Berikut - Fenomena langka di langit memang kerap terjadi pada waktu dan kondisi tertentu yang tidak pernah diduga. Fenomena ini memang memiliki daya tarik tersendiri bagi sebagian orang, nah apa sebagian orang itu Anda? Jika anda adalah salah satu orang yang menunggu kedatangan fenomena langit tersebut, yuk catat tanggalnya berikut. Karena di Bulan September ini akan terjadi fenomena langka di langit yang belum tentu terjadi di bulan-bulan berikutnya. 

Di bulan September ini ada dua peristiwa gerhana loh, seperti yang dilansir dari infoastronomy.org. Selain gerhana, fenomena langit juga akan menyajikan konjungsi planet, ekuinoks, dan langit akan dihiasi Bima Sakti ketika memasuki musim penghujan di bulan September ini. Ikuti informasi berikut mengenai keterangan dan waktunya yuk..

1. Gerhana Matahari Cincin 

 Di awal bulan September iniada Gerhana Matahari Cincin, namun sayangnya di Indonesia tidak memiliki kesempatan untuk bebas melihat perubahan matahari ini. Tempat yang sangat bagus untuk melihat fenomena ini adakah di wilayah Ring of Fire yaitu beberapa negara di benua Afrika. 

2. Gerhana Bulan Penumbra 

Penumbra itu apa sih ? Umbra merupakan pergerakan orbit bulan ketika melewati bayangan pusat Bumi. Nah pada peristiwa gerhana Bulan total permukaan Bulan akan nampak berwana merah darah. Inilah yang membuat Gerhana Bulan Penumbra berbeda dengan Gerhana Bulan Total. Pada Gerhana Bulan Penumbra, penampakan Bulan sepertinya tak terlalu terlihat perubahannya. Pergerakan orbit bulan ketika melewati bayangan pusat Bumi inilah yang disebut umbra. Umbra ini terjadi selama gerhana Bulan total. Sementara Gerhana Bulan Penumbra, Bulan hanya masuk pada bayangan luar Bumi. Fenomena Gerhana Bulan Penumbra inilah yang akan terjadi nanti 17 September 2016, sekitar dini hari. Sayangnya, fenomena ini cukup sulit untuk dilihat karena bayangan penumbra Bumi tidak akan membuat permukaan Bulan menjadi gelap. Beberapa lokasi untuk menikmati fenomena alam ini di antaranya Eropa, Afrika, Asia, Australia dan Pasifik Barat.

3. Konjungsi Bintang 

Bulan Aldebaran merupakan bintang paling terang di rasi bintang Taurus. Pada dini hari tanggal 22 September 2016, Aldebaran akan berada 0,2° terpisah dari Bulan. Fenomena ini akan menyajikan pemandangan Bulan yang ditemani bintang merah terang di langit. Catat tanggalnya yah! Konjungsi Bintang Aldebaran ini akan terjadi pada 21 September 2016 sekitar pukul 05:13 WIB.

 Udah tau kan tanggalnya ? Jadi jangan lupa untuk melingkari kalendermu dan siapkan segala peralatan yang bisa digunakan untuk melihatnya itu yah ?? -Selamat menyaksikan-
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »