Beda Warna Buah dan Sayuran Beda Manfaatnya Loh

Beda Warna Buah dan Sayuran Beda Manfaatnya Loh  - Tau ngga sih ? Buah dan Sayuran berwarna-warni yang selama ini kita makan ternyata memiliki kandungan dan manfaat yang berbeda-beda untuk tubuh loh. Meskipun pada dasarnya semua jenis buah dan sayuran tersebut memiliki manfaat besar untuk tubuh, namun yuk kenali lebih dalam tentang warna buah dan sayuran dan juga manfaatnya berikut :

1. Warna Merah


Buah dan sayur warna merah

a. Buah warna merah yang sering kita konsumsi seperti : semangka, strawberry, delima, apel merah dan juga buah lainnya ternyata memiliki kandungan likopen loh, selain itu ada juga kandungan zat antosianin dan carotenoid di dalamnya.

Dari ketiga kandungan buah warna merah tersebut berikut manfaatnya :
  • Likopen berfungsi untuk menghambat fungsi kemuduran fisik, menghambat pikun dan juga sebagai antioksidan untuk mencegah kanker dan katarak, mengurangi pembengkakan prostat, mengurangi resiko penyakit jantung, mencegah pengerasan pembuluh darah dan lain-lain. 
  • Zat antosionin berguna untuk mencegah kanker kandung kemih dan infeksi.
b. Sayur warna merah seperti kol merah, bayam merah, dan paprika mengandung flavonoid yang berfungsi untuk mencegah kanker dan vitamin yang berguna untuk menjaga kekebalan tubuh.

2. Warna Hijau
Buah dan sayur warna hijau

a. Buah yang berwarn hijau seperti melon, alpukat, anggur, memiliki kandungan yang bermanfaat, kandungan tersebut seperti asam alegat yang ampuh dalam melawan bibit sel kanker. Selain itu buah hijau juga memiliki kandungan kalsium yang dapat membantu menormalkan tekanan darah.

 b. Sayur yang berwarna hijau seperti bayam, brokoli, sawi, kangkung, sayur sebagian besar memang berwarna hijau seperti bayam, brokoli, sawi, dan kangkung. Sayur yang berwarna hijau merupakan sumber dari zat-zat penting seperti, vitamin c dan b kompleks, mineral, isothiocyanate, sulforaphane dan indole, yang mana zat – zat tersebut mampu merangsang produksi enzim di hati yang berfungsi untuk melawan kanker. Selain itu sayuran hijau juga mengandung zeaxanthin yang mampu mencegah kanker usus besar dan menjaga kesehatan mata, zat besi yang berfungsi untuk mencegah anemia, Magnesium dan klorofil yang berfungsi untuk menjaga kesehatan syaraf, otot, dan keseimbangan hormone.

3. Warna Oranye
Buah dan sayur warna orange

a. Buah berwarna orange seperti pepaya, wortel, mangga, labu, blewah, dan ubi jalar memiliki kandungan betakaroten yang cukup tinggi yang berfungsi untuk menghambat proses penuaan sel, mampu meremajakan kembali sel-sel yang sudah terlanjur menua, mengurangi resiko terserang kanker, menjaga kesehatan tulang, paru-paru, dan membantu dalam pembentukan protein.

b. Sayur warna orange seperti labu banyak mengandung seng (zink) di dalamnya berfungsi untuk membantu memaksimalkan fungsi otak dan mempertajam kemampuan berpikir.

4. Warna Kuning
Buah dan sayur warna kuning


a. Buah warna kuning seperti pisang, belimbing, nanas, memiliki kandungan vitamin c yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan dan membantu menjaga daya tahan tubuh contohnya buah nanas yang mampu membantu menyembuhkan diare dan mempercepat penyembuhan radang.

b. Sayur berwarna kuning seperti labu, paprika kuning, dan jagung muda memiliki kartenoid yang dapat mencegah terserang katarak dan juga terhindar dari gangguan di saluran pencernaan.

5. Warna Putih
Buah dan sayur warna putih


a. Buah warna putih seperti leci, duku, sirsak memiliki kandungan serat yang tinggi yang berfungsi untuk memudahkan BAB dan mencegah sembelit.

b. Sayuran yang berwarna putih seperti bawang putih, mengandung zat anti tumor yang disebut dengan allicin. sayuran berwarna putih mengandung zat anti tumor atau yang disebut allicin dan juga zat lain yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Selain bawang putih sayuran berwana putih lainnya seperti lobak, taoge, jamur, kedelai, kol, kembang kol, memiliki kandungan zat flavonoid yang dapat melindungi sel dari kerusakan dan indoles yang mampu menurunkan risiko kolesterol dan hipertensi. Sedangkan kedelai mengandung isoflavon yang akan menjaga kesehatan tulang kita.

6. Warna Ungu

Buah dan sayur warna ungu

a. Buah warna ungu seperti anggur, ceri, memiliki kandungan antosianin yang berfungsi untuk antioksidan.  memiliki kandungan antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan. Khusus untuk anggur memiliki kandungan melatonin yaitu hormon yang diproduksi oleh kelenjar pineal pada malam hari yang dapat mencegah insomnia.

b. Sayur warna ungu seperti terong, kubis ungu, jamblang dan plum memiliki kandungan antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mencegah inflamasi atau peradangan sehingga dapat mengurangi risiko jantung, stroke, dan mencegah kanker.

7. Warna Gelap

Buah dan sayur warna gelap
Buah dan sayur berwarna gelap seperti blueberry memiliki kandungan vitamin c dan kalori sehingga sangat aman untuk tubuh yang dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Nah udah tau kan ? Perbedaan warna buah dan sayuran ternyata beda juga manfaat yang dirasakan? Yuk perbanyak makan buah dan sayuran biar sehat terus .. amiiinn :)

Dikutip dari berbagai sumber..

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama