Waaaawww.. Binatang-Binatang Peramal Ini Bisa Memprediksikan Bencana

Siapapun tentunya tidak menginginkan terjadinya sebuah bencana, karena terkadang ketika tidak siap saja bencana bisa datang. Baik dari gempa bumi, longsor, gunung meletus, banjir dan masih banyak lagi. karena kita hanya manusia biasa kita hanya mampu mencegah terjadinya bencana alam tersebut.

Tapi taukah anda? Dari Jaman dahulu ternyata hewan-hewan tertentu dapat memprediksi bencana alam, mendeteksi penyakit dan masih banyak lagi. Saat ini ilmu pengetahuan sedang membuktikan cerita jaman dahulu tersebut.

Dengan adanya binatang-binatang ini tentunya sangat membantu manusia untuk mempersiapkan sebelum bencana tersebut datang seperti yang dituliskan dalam jurnal Current Biology. Lalu binatang-binatang apa saja yang mampu mengetahui jika bencana akan datang?

Berikut adalah 9 binatang yang dipercaya ilmuwan bisa memprediksi penyakit atau bencana sebelum datang menghantam kita, yang kami kutip dari Discovery news:


1. Anjing
Seperti yang diketahui, penciuman anjing memang tidak diragukan lagi ketajamannya. Hewan yang satu ini kerap dijadikan sahabat polisi, dalam rangka mengetahui beragam ancaman. Anjing juga kerap dilibatkan untuk mencari korban, saat bencana alam. Selain itu, anjing juga mampu mencium kanker prostat dengan akurasi sebesar 98 persen, dan telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah.



2. Burung warblers emas
Burung yang satu ini dapat memprediksi kapan akan terjadinya badai, seperti yang terjadi saat tim ilmuwan dari Berkeley meneliti burung ini. Dalam waktu kurang dari 24 jam sebelum badai datang, burung ini akan meninggalkan rumahnya untuk menghindari badai.


3. Sapi
Sapi memang hewan yang akrab dengan manusia, tapi Tim yang sama di Jepang juga mengetahui, jika sapi bisa melakukan hal yang sama, yaitu memprediksi gempa. Sapi-sapi bereaksi dengan menurunnya produksi susu dalam beberapa hari sebelum gempa


4.Kucing
Saat gempa bumi besar melanda Jepang, tim dari universitas Tsing Hua melakukan riset bagaimana kucing berhasil menghindar sebelum gempa melanda. Bahkan enam hari sebelum datang gempa, kucing memperlihatkan perilaku yang tidak biasa dan menjadi lebih stres. Peneliti percaya, jika pendengaran kucing yang mampu membuat mereka mengetahui adanya gempa.


5. Kumbang ratu
Kumbang ratu adalah hewan yang mampu memprediksi hawa panas akan menerjang, karena mereka sangat sennsitif terhadap kelembaban udara di sekitarnya.



6. Lebah
Serangga yang satu ini selain bermanfaat karena menghasilkan madu, juga bisa memprediksi kapan hujan besar akan datang. Mereka akan bernondong-bondong pulang ke sarangnya sebelum itu terjadi.



7. Hiu
Hiu dipercaya merupakan pengejar badai. Mereka akan berkumpul, di tempat di mana akan terjadi badai besar. Terutama jenis hiu macan, tubuh mereka sangat sensitif sekali terhadap perubahan suhu air.




8. Lalat buah
Serangga yang sering mengganggu kita ketika kita membuka buah ini ternyata mampu memprediksi kanker dengan penciumannya. Dipercaya ilmuwan mereka bisa memprediksi beberapa sel kanker, seperti kanker payudara dan tidak menutup kemungkinan kanker jenis lainnya.


9. Beruang Grizzly
Penciumannya yang tajam, membuat beruang grizzly mampu mencium manusia dalam jarak 18 mil. Dipadukan dengan sensor lain di dalam tubuhnya, mereka mampu memprediksi berbagai bencana, bahkan dipercaya bisa mengungkapkan kanker di tubuh manusia.

Selain kesembilan hewan di atas, masih banyak hewan lainnya yang bisa memprediksi bencana, namun belum ada keterangan ilmiah atau penjelasan ilmiahnya. Seperti turunnya binatang dari gunung sebelum terjadi letusan, atau lele yang menghilang sebelum bencana longsor.

Dikutip dari berbagai sumber.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama